Pengertian WiMAX, Prinsip Kerja WiMAX, dan Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Pengertian WiMAX

Pengertian WiMAX. WiMAX merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX adalah sebuah teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses tinggi dengan memiliki jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi sebelumnya yaitu BWA atau broadband wireless access dengan ditambahkan fitur-fitur yang menarik. Disamping kecepatan data tinggi yang dimiliki WiMAX, WiMAX juga merupakan sebuah teknologi dengan open standar. Dengan kecepatan data yang besar, WiMAX dapat diaplikasikan sebagai koneksi broadband ‘last mile’ ataupun backhaul.

Pengertian WiMAX

Prinsip Kerja WiMAX

Prinsip kerja WiMAX

Prinsip kerja WiMAX. Sistem kerja WiMAX sama dengan WiFi yang menyediakan sebuah jaringan internet pada suatu area yang dijangkaunya. Namun, WiMAX memiliki wilayah dengan jangkauan yang jauh lebih luas dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi.

Jaringan WiFi disebut juga sebagai Local Area Network (LAN), jaringan komputer yang jaringannya mencakup wilayah berukuran kecil, seperti jaringan komputer pada gedung, rumah, kantor, kampus, sekolah, atau area yang lainnya.

Jaringan WiMAX disebut juga sebagai Metropolitan Area Network (MAN), jangkauan tersebut dapat mencakup area yang cukup luas.

Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Perbedaan WiMAX dengan WiFi. Jaringan WiMAX terbilang cukup mahal untuk pembanguanan infastruktur serta perawatannya serta membutuhkan antena outdoor atau menara dan BTS dengan suatu peralatan pendukung. Kecepatan WiMAX biasanya terpusat memiliki kecepatan sekitar 5 mbps, walaupun terkadang dapat lebih dari itu. Pengguna WiMAX dapat juga untuk menyebarkan antena WiMAX dengan hal untuk menutupi sebagian besar wilayah sebuah kota atau mirip dengan jaringan data seluler. Pelanggan membutuhkan sebuah modem WiMAX khusus untuk dapat mengakses menggunakan jaringan WiMAX tersebut.

WiFi memiliki biaya yang relatif murah, kecil, dan router portabel. WiFi tidak perlu membangun sebuah infrastruktur pendukung, tapi jaringan WiFi hanya mencakup jarak dekat. WiFi adapter bahkan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan router WiFi, dan kebanyakan komputer atau laptop sudah memilik adapter wireless untuk mengakses menggunakan jaringan WiFi.

Itulah pengertian WiMAX, prinsip kerja WiMAX, dan perbedaan WiMAX dengan WiFi. Baca juga artikel mengenai apa itu 4G dan 4G LTE.

Posting Komentar