Inilah Perbedaan LCD dan LED

Perbedaan LCD dan LED. Bagi Anda yang sedang mencari sebuah monitor untuk PC Anda atau televisi, alangkah baiknya untuk mengetahui perbedaan antara LCD dan LED. Hal ini cukup penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda serta teknologi apa yang digunakan pada kedua monitor atau tv tersebut. Berikut perbedaan LCD dan LED.

Perbedaan LCD dan LED

LCD

LCD adalah salah satu jenis media tampilan yang telah memanfaatkan kristal cair atau liquid crystal display sebagai penampil utama. LCD memiliki 2 lapisan kaca yang terpolarisasi dan saling menempel satu sama lain. Cairan kristal atau liquid crystal display terletak di salah satu lapisan. Kristal cair tersebut memiliki fungsi untuk melewatkan atau memblokir cahaya. Hal ini agar dapat menghasilkan gambar pada layar pada saat arus listrik melewatinya. Namun, kristal cair tersebut tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya dapat berasal dari serangkaian beberapa lampu neon di belakang layar. Dengan bantuan lampu neon inilah, gambar yang dibuat oleh kristal cair menjadi dapat terlihat oleh mata.

LCD menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi. TV LCD dapat dibuat dengan sangat tipis, yang membuatnya lebih hemat ruangan, elegan, dan pengguna dapat leluasa menempatkannya atau dapat ditempelkan pada tembok. Hal ini membuat media tampilan penampil utama LCD menarik pembeli.

Perbedaan LCD dan LED

LED

LED sebenarnya tidak berbeda jauh dengan LCD. LED juga memiliki layar datar tipis serta memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Perbedaan LCD dan LED adalah terletak pada sumber cahaya di belakang layar. LCD menggunakan serangkaian lampu neon, sedangkan LED menggunakan Light Emitting Dioda.

Terdapat 2 jenis pencahayaan LED. Pencahayaan Edge dan pencahayaan Full-Array. Pencahayaan Edge, rangkaian dioda diatur sepanjang tepi pada luar layar. Ketika terdapat arus listrik, cahaya didistribusikan di layar. Sedangkan pencahayaan Full-Array, ada beberapa baris dari dioda yang berada dibelakang seluruh permukaan layar. Dioda sebagai sumber cahaya memberikan lebih banyak kontrol atas kecerahan dan peredupan yang ditampilkan, hal ini karena dioda sendiri dapat dihidupkan serta dimatikan secara independen.


Kesimpulan : LED merupakan LCD dengan sistem backlight yang baru dan lebih maju. LED memberi keseimbangan lebih dalam saturasi warna serta menggunakan daya lebih sedikit dibanding LCD yang menggunakan lampu neon. Namun LED saat ini lebih mahal dibandingkan LCD.

Posting Komentar