Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, dan Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat


Pengertian karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, serta oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi untuk makhluk hidup, terutama sebagai sumber bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan, dan materi pembangun (seperti selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan serta jamur).

Pada proses fotosintesis, tumbuhan hijau dapat mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil serta banyak juga mengandung gugus hidroksil. Istilah karbohidrat pada awalnya digunakan pada golongan senyawa yang memiliki rumus (CH2O)n.

Pengertian karbohidrat
Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana yang terdiri dari satu molekul gula sederhana disebut monosakarida, misalnya glukosa. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari berbagai molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat bercabang-cabang yang disebut polisakarida, misalnya pati. Selain monosakarida dan polisakarida terdapat juga disakarida (rangkaian 2 monosakarida) dan oligosakarida (rangkaian dari beberapa monosakarida).






Fungsi Karbohidrat

Fungsi karbohidrat
Berikut beberapa fungsi karbohidrat :
  1. Sebagai sumber energi utama. Sumber energi yang diperlukan adalah glukosa serta tidak dapat digantikan oleh sumber energi yang lainnya.
  2. Berperan dalam proses metanbolisme, menjaga keseimbangan antara asam dan basa yang terdapat dalam tubuh, serta sebagai pembentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh.
  3. Karbohidrat memiliki peran penting dalam membantu proses pencernaan makanan.
  4. Fungsi karbohidrat dapat membantu dalam penyerapan kalsium.
  5. Karbohidrat merupakan pembentuk senyawa yang lainnya.
  6. Sebagai komponen penyusun gen yang terdapat dalam inti sel yang sangat penting dalam pewarisan sifat.
  7. Merupakan senyawa yang dapat membantu dalam berlangsungnya proses buang air besar. Selulosa merupakan salah satu polisakarida yang sulit untuk dicerna, tetapi keberadaannya yang terdapat dalam sisa pencernaan dapat bermanfaat untuk mencegah konstipasi atau sembelit

Sumber Karbohidrat

Sumber karbohidrat
Banyak sekali berbagai makanan yang mengandung karbohidrat. Berikut sumber karbohidrat :
  1. Putih telur
  2. Kentang
  3. Biji-bijian
  4. Buah-buahan segar
  5. Ubi jalar
  6. Kacang-kacangan
  7. Roti
  8. Pasta
  9. Produk dari olahan susu
  10. Oatmeal
  11. Beras merah
  12. Jagung
  13. Singkong
  14. Sagu

Itulah pengertian karbohidrat, fungsi karbohidrat, dan sumber karbohidrat. Karbohidrat sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita. Seimbangkan asupan karbohidrat, jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan dan jangan kekurangan karena dapat mengakibatkan malnutrisi.

Poskan Komentar