Pengertian Badan Golgi, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi dapat disebut juga dengan nama aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom merupakan sebuah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, serta strukturnya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Badan golgi terdapat hampir di semua sel eukariotik serta banyak dijumpai pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi, misalnya pada ginjal. Setiap sel pada hewan mempunyai 10 sampai 20 badan Golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki badan golgi sampai ratusan. Badan Golgi yang terdapat pada tumbuhan disebut diktiosom. Badan Golgi pertama kali ditemukan oleh seorang ahli histologi serta patologi yang memiliki kebangsaan Italia yang bernama Camillo Golgi.

Badan golgi merupakan organel terbesar yang terdapat dalam sitoplasma. Badan Golgi memiliki bentuk kantung pipih yang bertumpuk dan tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil (memiliki panjang sekitar 1 - 3 mikrometer serta lebar 0,5 mikrometer) dan terikat oleh membran. Bentuk badan golgi yang terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan relatif memiliki bentuk yang sama. Badan golgi tersebar di seluruh sitoplasma serta berhubungan satu dengan lainnya sehingga badan golgi membentuk sperti struktur kompleks seperti jala.

Pengertian Badan Golgi

Badan golgi memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif. Badan golgi juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat untuk menyimpan sementara protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari Retikulum Endoplasma. Zat-zat tersebut dibungkus dalam kantong membran atau vesikel, lalu mengirimnya ke membran plasma. Selain itu, badan golgi juga mempunyai tanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Badan Golgi tersusun dari 5 hingga 20 kantong pipih. Biasanya, badan golgi terdapat di sel-sel sekretori (seperti di pankreas). Badan golgi memiliki jumlah yang bervariasi menurut tipe, fungsi, serta tahap pertumbuhan sel. Seperti misalnya pada saat pembentukan dinding sel baru, sel tumbuhan mungkin saja mempunyai banyak badan Golgi, terlebih di daerah sekitar dinding sel. Badan Golgi dapat menghasilkan vesikel-vesikel yang mengandung berbagai macam materi penyusun dinding sel. Pada sel-sel hewan, kejadian yang sama terjadi pada saat pembentukan hormon. Masing-masing sel dapat mempunyai ribuan badan Golgi.

Struktur Badan Golgi

Struktur Badan Golgi
Struktur badan Golgi yaitu berupa berkas kantung yang memiliki bentuk seperti cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh yang kecil di ujungnya. Karena badan golgi memiliki hubungan dengan fungsi pengeluaran sel sangat erat, pembuluh mengumpulkan dan juga membungkus karbohidrat serta zat-zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh tersebut juga menyumbang bahan-bahan guna pembentukan dinding sel.

Badan golgi dibangun oleh membran yang memiliki bentuk tubulus dan vesikula. Dari tubulus tersebut dilepaskan kantung-kantung yang berukuran kecil yang berisi berbagai bahan-bahan yang diperlukan seperti misalnya enzim–enzim pembentuk dinding sel.

Badan golgi ialah bagian sel yang hampir serupa dengan Retikulum Endoplasma. Hanya saja, badan golgi terdiri dari berlapis ruangan yang ditutupi membran. Badan golgi mempunyai 2 bagian, yaitu bagian cis serta bagian trans. Bagian cis menerima vesikel yang biasanya berasal dari REK (Retikulum Endoplasma Kasar). Vesikel tersebut diserap ke ruangan-ruangan dalam badan golgi serta isi dari vesikel akan diproses untuk penyempurnaan dan sebagainya.

Ruangan tersebut bergerak dari bagian cis ke bagian trans. Di bagian tersebutlah ruangan-ruangan akan memecahkan dirinya dan juga akan membentuk vesikel, serta siap disalurkan ke berbagai bagian sel yang lain ataupun ke luar sel.

Fungsi Badan Golgi

Fungsi Badan Golgi
Fungsi badan golgi antara lain:
  1. Membentuk kantung-kantung atau vesikula yang berfungsi untuk sekresi. Terjadi pada sel-sel kelenjar kantung kecil, berisi enzim serta berbagai bahan-bahan lainnya.
  2. Badan golgi berfungsi guna membentuk membran plasma. Membran golgi atau vesikula sama seperti membran plasma. Kantung-kantung yang dilepaskan menjadi bagian dari membran plasma.
  3. Membentuk dinding sel pada tumbuhan.
  4. Membentuk akrosom pada spermatozoa, berisi enzim untuk memecah dinding sel telur serta untuk pembentukan lisosom.
  5. Tempat yang berfungsi memodifikasi protein.
  6. Guna menyortir serta memaket molekul-molekul yang berfungsi untuk sekresi sel.
Dalam badan golgi terdapat berbagai variasi coated vesicle, sebagai berikut :

Clathrin-coated ialah yang pertama yang ditemukan dan diteliti. Clathrin-coated tersusun dari clathrin dan juga adaptin. interaksi lateral antara adaptin dengan clatrin untuk membentuk formasi tunas. Apabila tunas clathrin tersebut sudah tumbuh, protein yang larut di dalam sitoplasma termasuk diantaranya dynamin akan membentuk sebuah cincin di setiap leher tunas dan juga memutusnya.

COPI-coated memaket tunas dari bagian pre-golgi serta antar cisternae. Beberapa dari protein COPI-coat memperlihatkan sekuens yang memiliki kemiripan dengan adaptin, hal tersebut dapat di duga berasal dari evolusi yang bermiripan. COPII-coated memaket tunas dari RE.

Terdapat 2 protein di dalam badan golgi. T-snare merupakan protein yang terdapat di target sedangkan V-snare merupakan vesikel snare. V-snare mencari T-snare, lalu berfusi menjadi satu. Protein Rab termasuk ke golongan GTP-ase. Protein Rab berfungi untuk memudahkan serta mengatur kecepatan pelayaran vesikel dan juga pemasangan v-snare dan T-snare yang digunakan pada penggabungan membran.

Itulah pengertian badan golgi, struktur, dan fungsi badan golgi.

Poskan Komentar