Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Berbagai makhluk hidup yang terdapat di Indonesia sangat beragam. Kekayaan makhluk hidup yang dimiliki Indonesia baik flora dan fauna sangatlah beragam. Wilayah Indonesia merupakan negara yang luas dan kaya akan berbagai keanekaragaman baik itu di darat, laut maupun udara. Keanekaragaman di Indonesia mendorong para peneliti dan pecinta alam dunia untuk datang ke Indonesia guna meneliti flora dan fauna yang ada di negara kita ini.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Flora dan fauna Indonesia dikelompokan menjadi 3 daerah, antara lain : daerah asia (asiatis), daerah peralihan, serta daerah yang mendapatkan pengaruh dari benua Australia (australis). Terdapat sebuah garis yaitu garis Wallace yang dibatasi Asiatis dengan peralihan, sedangkan garis weber membatasi antara peralihan dengan australis. Berikut persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Tumbuhan yang hidup pada suatu tempat ada yang dapat tumbuh secara alami dan juga yang dibudidayakan manusia. Flora di berbagai tempat di dunia berbeda-beda, hal tersebut karena dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain :
1. Iklim
2. Jenis tanah daerah tersebut
3. Tinggi rendahnya permukaan bumi
4. Biotik atau pengaruh makhluk hidup
Karena adanya faktor-faktor tersebut, Indonesia mempunyai banyak flora yang beranekaragam. Iklim pada suatu daerah mempunyai pengaruh yang besar terlebih pada suhu udara dan curah hujan. Daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi memiliki hutan yang lebat serta mempunyai berbagai jenis tanaman yang bervariasi, misalnya: di Sumatera dan Kalimantan.

Sedangkan daerah yang memiliki curah hujan yang relatif kurang cenderung tidak mempunyai hutan yang lebat, seperti di Nusa Tenggara. Daerah yang memiliki curah hujan yang kurang banyak di tumbuhi oleh semak belukar dengan hamparan padang rumput yang luas.

Suhu udara memiliki pengaruh yang cukup berpengaruh terhadap suatu jeni tanaman yang hidup di suatu tempat. Junghuhn telah membuat zonasi atau pembatasan wilayah flora di Indonesia, antara lain :

Daerah panas (0 – 650 meter), tumbuhan yang dapat hidup di daerah ini adalah jagung, karet kelapa, padi, tebu.

Daerah sedang ( 650 – 1500 meter), tumbuhan yang dapat hidup di daerah ini adalah teh, sayuran kopi, dan tembakau .

Daerah sejuk ( 1500 – 2500 meter), tumbuhan yang dapat hidup di daerah ini adalah teh, kina, pinus, dan sayuran,.

Daerah dingin (di atas 2500 meter), cenderung mempunyai tanaman yang tidak dapat dibudidayakan.
Jenis flora di Indonesia juga dipengaruhi oleh iklim, antara lain :
  1. Hutan Musim
  2. Hutan Musim
    Hutan musim terdapat di Indonesia yang mempunyai suhu udara yang tinggi serta memiliki perbedaan pada saat kondisi tumbuhan di musim hujan dengan musim kemarau. Pada musim kemarau pohonnya meranggas, pada musim hujan akan tumbuh menjadi hijau kembali. Contoh dari hutan musim antara lain hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  3. Hutan Hujan Tropis
  4. Hutan Hujan Tropis
    Hutan hujan tropis terdapat di daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi. Indonesia memilik iklim tropis dan juga dilalui oleh garis khatulistiwa, hal ini membuat Indonesia mempunyai banyak sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan yang tinggi, serta memiliki temperatur udara tinggi. Di Indonesia banyak hutan hujan tropis yang terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi serta Papua.
  5. Sabana
  6. Sabana
    Sabana dapat hidup di daerah yang mempunyai curah hujan yang sedikit. Sabana ialah padang rumput yang diselingi oleh berbagai pepohonan yang bergerombol. Sabana banyak terdapat di NTB dan NTT.
  7. Stepa
  8. Stepa
    Stepa ialah padang rumput yang luas. Stepa dapat hidup di daerah yang mempunyai curah hujan yang sangat sedikit. Stepa banyak terdapat di NTT.
  9. Hutan Bakau (Mangrove)
  10. Hutan Bakau (Mangrove)
    Hutan bakau ialah hutan yang hanya dapat tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau atau mangrove banyak terdapat di pantai Sumatera bagian timur, Papua, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Selatan.


Indonesia mempunyai tanah yang subur sehingga banyak terdapat berbagai jenis tanaman mampu tumbuh dengan baik. Indonesia memiliki flora yang kurang lebih sekitar 4.000 jenis pohon, 1.500 jenis paku pakuan, serta 5.000 jenis anggrek.
  1. Flora Indonesia Bagian Barat

  2. Flora Indonesia Bagian Barat
    Flora Indonesia barat yaitu flora yang tumbuh di Sumatra, Jawa, Kalimatan, serta pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitarnya. Flora Indonesia barat mempunyai kesamaan dengan tumbuhan-tumbuhan yang terdapat di Asia. Flora Indonesia barat mempunyai kawasan mangrove yang banyak di sekitar pantai. Mempunyai jenis tumbuhan yang sangat beragam atau heterogen. Pada setiap tahun hutannya selalu hijau. Kayu di dalam hutannya dapat bermanfaat dan banyak tumbuhan di hutan yang mempunyai ketinggian 60 meter.

    Sumatera : pinus, kayu manis, beringin, kamper, meranti, kayu besi, dan raflesia
    Jawa : pinang, bunga anggrek,jati meranti, mahoni, beringin, dan bugenvil
    Kalimantan : meranti, besi, jelutung, bakau, ramin, kamper, pinus, dan rotan

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Barat
    Terdapat banyak tumbuhan jenis meranti-merantian
    Terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan rotan
    Tidak mempunyai hutan kayu putih
    Mempunyai jenis tumbuhan sagu yang sedikit
    Pohon Pinang
    Pohon Pinus
    Pohon Mahoni
    Pohon Beringin
  3. Flora Indonesia Bagian Tengah

  4. Flora Indonesia Bagian Tengah
    Flora Indonesia tengah yaitu tumbuhan yang tumbuh di Sulawesi, Nusa Tenggara, serta Maluku. Nusa Tenggara mempunyai padang rumput yang alami dan baik untuk daerah peternakan. Hal ini karena di Nusa Tenggara memiliki curah hujan yang rendah. Sehingga kalau di Nusa Tenggara pada musim saat kemarau banyak menjumpai di daerah tersebut yang mengalami kekeringan. Selain itu, disana juga banyak pegunungan kapur.

    Sulawesi : eboni, kayu besi, rotan, pinus, kayu hitam, dan berbagai jenis bunga anggrek
    Nusa Tenggara : jati, akasia, cendana, sandelwood, dan berbagai jenis bunga anggrek
    Maluku : gotasa, kayu besi, lenggua, jati, sagu, meranti, kayu putih, dan anggrek

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Tengah
    Terdapat banyak macam tumbuhan palem
    Terdapat banyak tumbuhan paku dan anggrek
    Pohon Kayu Putih
    Pohon Akasia
    Pohon Eboni
  5. Flora Indonesia Bagian Timur

  6. Flora Indonesia Bagian Timur
    Flora Indonesia timur yaitu tumbuhan yang hidup di pulau Papua serta pulau-pulau yang terdapat di sekitarnya. Tanaman yang dapat dijumpai di Papua adalah tanaman jenis conifera seperti agatis alba serta obi.
    Flora di wilayah Indonesia timur mempunyai kemiripan dengan flora yang ada di benua Australia. Memiliki ketinggian pohonnya yang lebih rendah dibandingkan di flora Indonesia bagian barat. Terdapat Banyak tumbuhan semak belukar, dan pepohonan yang masih jarang. Di daerah dataran rendah Papua terdapat pohon sagu, bakau, dan nipah.

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Timur
    Mempunyai jenis tumbuhan meranti-merantian yang sedikit
    Terdapat hutan kayu putih
    Tidak mempunyai tumbuhan rotan
    Mempunyai banyak tumbuhan sagu
    Pohon Sagu
    Tumbuhan Nipah


Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia
Keanekaragaman fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam, rintangan alam, serta gerakan hewan. Fauna di Indonesia digolongkan menjadi 3 kelompok.
  1. Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis)

  2. Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis)
    Fauna Indonesia Barat atau tipe asiatis mempunyai wilayah persebaran yang mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan juga Kalimantan. Fauna Indonesia barat terdapat mamalia yang berukuran besar seperti gajah, macan, babi hutan, orang utan, badak bercula satu, banteng, tapir, kerbau, rusa, monyet, bekantan, dan sebagainya.
    Tipe asiatis juga banyak terdapat jenis-jenis reptil seperti ular, bunglon, kura-kura, buaya, tokek, kadal, biawak, dan trenggiling. Fauna Indonesia barat mempunyai macam-macam jenis seperti burung hantu, elang, merak, kutilang, gagak, jalak, dan berbagai macam jenis unggas. Terdapat banyak ikan air tawar.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Barat
    Memiliki spesies mamalia yang berukuran besar, seperti gajah, harimau, dan sebagainya. Namun, jumlah mamalia berkantung sedikit, atau hampir tidak ada.
    Terdapat berbagai jenis kera, seperti bekantan, tarsius, serta orang utan.
    Terdapat banyak hewan endemik, seperti badak bercula satu, binturong, monyet, tarsius, dan kukang.
    Terdapat jenis burung yang mempunyai warna bulu kurang menarik, tetapi dapat berkicau. Seperti : jalak bali, elang jawa, elang putih, dan sebagainya.
    Mempunyai banyak ikan air tawar.
    Trenggiling
    Elang
    Biawak
    Badak Bercula Satu
  3. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan)

  4. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan)
    Fauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan. Fauna Indonesia Tengah mencakup Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, serta pulau-pulau disekitarnya. Fauna Indonesia tengah antara lain babi rusa, kuskus, monyet hitam, tarsius, sapi, kuda, sapi, anoa, ikan duyung, monyet saba, beruang, dan banteng.
    Terdapat juga berbagai jenis reptil, amfibi, dan berbagai macam burung. Reptil di fauna Indonesia tengah antara lain biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai macam jenis burung yang ada di wiliyah ini antara lain burung maleo, burung dewata, rangkong, kakatua nuri, mandar, dan raja udang.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Tengah
    Banyak terdapat hewan asli Indonesia.
    Memiliki kemiripan dengan fauna tipe asiatis dan australis.
    Terdapat berbagai jenis hewan langka.
    Faunanya sebagai sisa dari hewan purba yang masih mampu untuk bertahan.
    Komodo
    Burung Rangkong
    Burung Maleo
  5. Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australis)

  6. Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australis)
    Fauna Indonesia timur atau disebut tipe australis tersebar yang mencakup wilayah Papua, Halmahera, serta Kepulauan Aru. Mamalia di fauna Indonesia timur antara lain kanguru, beruang, walabi, landak irian atau nokdiak, kuskus, pemanjat berkantung, kanguru pohon, dan kelelawar. Namun, tidak ditemukan kera.
    Terdapat juga berbagai jenis reptil, antara lain : biawak, buaya, ular, serta kadal. Berbagai jenis burung juga banyak ditemui di wilayah Indonesia timur antara lain burung cenderawasih, nuri, raja udang, kasuari, serta namudur. Namun, di wiliayah Fauna Indonesia timur memiliki jenis ikan air tawar yang relatif sedikit.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur
    Banyak binatang yang berkantung.
    Mempunyai berbagai jenis burung yang memiliki bulu warna-warni.
    Ikan air tawar jumlahnya sedikit.
    Tipe ikan laut kebanyakan memiliki bentuk yang bulat panjang.
    Kanguru Pohon
    Kasuari
    Nokdiak
    Burung Cenderawasih
Itulah persebaran flora dan fauna di Indonesia, persebaran flora di Indonesia, dan persebaran fauna di Indonesia.

Poskan Komentar