30 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli, Lengkap!

Pengertian Bahasa

Bahasa berasal dari bahasa Sanskerta भाषा, yaitu "bhāṣā" yang memiliki arti kapasitas khusus yang ada pada manusia guna menggunakan dan mendapatkan sistem komunikasi secara kompleks, serta sebuah bahasa merupakan contoh spesifik dari sistem itu. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut linguistik.

Bahasa merupakan sebuah sarana untuk makhluk hidup guna berinteraksi sosial dengan sesama makhluk hidup yang lainnya baik itu sejenis maupun bukan sejenis. Bahasa merupakan sebuah kunci pokok untuk kehidupan manusia, hal ini karena dengan adanya bahasa seseorang dapat berinteraksi dengan sesamanya serta bahasa ialah sumber daya untuk kehidupan bermasyarakat. Adapun sebuah bahasa dapat untuk digunakan jika dapat saling memahami atau mengerti erat hubungannya dengan penggunaan dari sumber daya bahasa yang dimiliki.

Pengertian Bahasa
Bahasa sangatlah penting dan dibutuhkan dalam kehidupan umat manusia. Apabila bahasa itu tidak ada maka seseorang tidak dapat untuk menyampaikan maksud dan juga tujuannya, yang hingga akhirnya akan muncul kebisuan yang tidak menghasilkan apa-apa.

Perkiraan jumlah bahasa yang ada di dunia sangat beragam antara 6.000-7.000 bahasa. Bahasa alami ialah bahasa isyarat atau bicara, namun setiap bahasa dapat untuk disandikan ke dalam media kedua dengan menggunakan stimulus visual, taktil, serta audio. Karena bahasa manusia ialah modalitas-independen. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian bahasa menurut para ahli, antara lain :

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli
  1. DEPDIKNAS 2005
  2. Bahasa merupakan sebuah ucapan yang berasal dari perasaan serta pikiran manusia yang disampaikan secara teratur dan dengan memakai bunyi sebagai mediumnya.
  3. Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno
  4. Bahasa ialah struktur serta makna yang terbebas dari penggunanya sebagai sebuah tanda guna menyimpulkan maksud dan tujuannya.
  5. Hasan Alwi
  6. Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer dimana dapat untuk dimanfaatkan semua orang dalam berinteraksi, bekerjasama, serta mengenali diri terhadap percakapan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun.
  7. Bill Adams
  8. Bahasa merupakan sistem pengembangan psikologi setiap individu dalam konteks yang intersubjektif.
  9. Wittgenstein
  10. Bahasa ialah sebuah bentuk pemikiran yang dapat untuk dipahami serta mempunyai suatu hubungan dengan kenyataan, memiliki struktur, serta bentuk yang logis.
  11. D.P. Tambulan
  12. Bahasa ialah suatu cara guna memahami pikiran dan perasaan manusia serta untuk menyatakan isi dari pikiran dan perasaan tersebut.
  13. Ferdinand De Saussure
  14. Bahasa merupakan salah satu ciri yang menjadi pembeda, hal ini karena dengan memakai bahasa maka setiap kelompok yang ada pada masyarakat dapat menjadi dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain.
  15. Plato
  16. Plato berpendapat bahwa pengertian bahasa adalah pernyataan yang ada pada pikiran seseorang dengan memakai perantaraan rhemata (ucapan) serta onomata (nama benda atau sesuatu) yang merupakan cerminan ide seseorang dalam arus udara dengan melalui media yaitu mulut.
  17. Bloch dan Trager
  18. Bahasa mempunyai struktur yang tersusun secara teratur tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang mempunyai sifat manasuka serta dengan sistem tersebut sebuah kelompok sosial untuk bekerja sama.
  19. Sudaryono
  20. Bahasa merupakan sarana berkomunikasi secara efektif meskipun masih tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa tersebut dapat menjadi suatu sarana komunikasi yang menjadi sumber dari kesalahpahaman.
  21. Saussure
  22. Bahasa merupakan sebuah objek pada semiologi.
  23. MC. Carthy
  24. Bahasa merupakan praktik yang sangat tepat untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berfikir.
  25. William A. Haviland
  26. William A. Haviland berpendapat bahwa pengertian bahasa ialah sistem bunyi yang ketika digabungkan menurut aturan akan dapat menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu.
  27. Tarigan
  28. Bahasa merupakan sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan dipakai pada sistem generatif serta menjadi lambang atau simbol yang arbitrer.
  29. Santoso
  30. Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dikeluarkan melalui pengucapan manusia dalam saat kondisi sadar.
  31. Mackey
  32. Bahasa merupakan bentuk serta keadaan ataupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang terdapat didalamnya berbagai sistem.
  33. Wibowo
  34. Bahasa adalah sistem persimbolan bunyi yang mempunyai berbagai makna dan artikulasi yang dihasilkan alat ucap secara arbitrer serta konvensional yang digunakan untuk alat berkomunikasi kepada sekelompok umat manusia supayat melahirkan perasaan dan juga pikiran.
  35. Walija
  36. Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang sangat lengkap serta efektif guna untuk menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat untuk orang lain.
  37. Syamsuddin
  38. Pengertian bahasa menurut syamsuddin adalah alat yang digunakan dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan dimana menggunakan alat untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.
  39. Pengabean
  40. Pengertian bahasa menurut Pengabean, bahasa merupakan sistem yang dipakai untuk melaporkan serta menyampaikan segala yang berproses pada sistem saraf.
  41. Soejono
  42. Soejono berpendapat bahwa pengertian bahasa merupakan sarana untuk menghubungkan rohani yang penting dalam kehidupan secara bersama.
  43. Gorys Keraf
  44. Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia.
  45. Finoechiaro
  46. Bahasa merupakan sistem simbol vokal yang arbitrer serta dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam suatu kebudayaan tertentu ataupun orang lain yang akan mempelajari sistem kebudayaan tersebut yaitu dengan cara berkomunikasi ataupun berinteraksi.
  47. Kamus Linguistic
  48. Bahasa ialah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama.
  49. Fodor
  50. Bahasa merupakan sistem tanda serta simbol yang saling berhubungan dengan memiliki sifat yang konvensional dimana mempunyai sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dipunyai pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.
  51. Bolinger
  52. Bahasa merupakan sistem fonem yang terbentuk karena perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem untuk dapat mengungkapkan makna yang ada hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud adalah kenyataan.
  53. Felicia
  54. Bahasa merupakan alat yang dipakai untuk berkomunikasi dan dapat berupa tulis ataupun tulisan.
  55. Owen
  56. Bahasa ialah sebuah sistem konvensional untuk menyampaikan konsep dengan melalui manfaat dari berbagai simbol yang diinginkan serta untuk mengkombinasikan segala simbol yang diatur dan juga mempunyai suatu ketentuan.
  57. Carrol
  58. Bahasa adalah sistem berstruktural tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang bersifat manasuka, yang dipakai ataupun dapat digunakan untuk berkomunikasi antar sesama sekelompok manusia dan secara agak tuntas untuk memberi nama kepada berbagai jenis benda, peristiwa, serta proses yang ada dalam lingkungan hidup umat manusia.
  59. Harimurti Kridalaksana
  60. Bahasa adalah sistem bunyi yang memiliki makna serta digunakan dalam berkomunikasi antar sesama umat manusia.


Kesimpulan Dari Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Diatas telah disebutkan pengertian bahasa dan dapat diambil kesimpulan, bahwa pengertian bahasa ialah sebuah sistem yang teratur dan berupa berbagai lambang bunyi yang dipakai dalam mengekspresikan pikiran serta perasaan dari bahasa tersebut. Dari pengertian bahasa diatas, terdapat hal-hal yang menonjolkan beberapa segi, antara lain :
  1. Bahasa adalah sistem. Arinya bahwa bahasa tunduk kepada berbagai kaidah tertentu baik gramatik, fonemik, dan fonetik. Bahasa itu tidak bebas, namun terikat kepada berbagai kaidah tertentu.
  2. Sistem bahasa itu sukarela (arbitary). Bahwa mempunyai sistem yang berlaku secara umum, serta bahasa merupakan suatu peraturan yang mendasar. Sebagai contoh: ada beberapa bahasa di dunia yang memulai suatu kalimat dengan memakai kata benda terlebih dahulu seperti Bahasa Inggris, dan juga terdapat bahasa yang memakai kata kerja untuk mengawali kalimatnya. Dan seseorang tidak dapat untuk menolak aturan tersebut.
  3. Bahasa pada dasarnya ialah bunyi serta manusia sudah memakai bahasa lisan tersebut sebelum bahasa lisan seperti halnya anak yang baru belajar berbicara sebelum belajar untuk menulis. Di dunia banyak orang yang dapat berbahasa lisan, namun tidak dapat untuk menuliskannya. Jadi bahasa pada dasarnya ialah bahasa lisan, adapun menulis merupakan bentuk bahasa kedua. Tulisan itu merupakan lambang bahasa dan bahasa itu adalah ucapan.
  4. Bahasa adalah simbol. Bahasa merupakan beberapa simbol tertentu. Misalnya pada kata ”rumah” yang menggambarkan hakikat suatu rumah. Jadi bahasa merupakan berbagai lambang tertentu. Pembaca ataupun pendengar meletakkan simbol atau lambang secara proporsional.


Fungsi Bahasa

Fungsi Bahasa
Setelah memahami mengenai pengertian bahasa, alangkah baiknya untuk mengetahui juga tentang fungsi bahasa. Berikut beberapa fungsi bahasa:

1) Dalam tujuan praktis, fungsi bahasa yaitu untuk berkomunikasi dalam kehidupan.
2) Dalam tujuan artistik, sebuah bahasa yang diolah dan dirangkai dengan indah dapat memiliki fungsi bahasa sebagai sebuah media pemuasan rasa estetis bagi manusia.
3) Dalam tujuan pembelajaran, fungsi bahasa adalah sebagai media dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, baik itu yang masih berada pada ruang lingkup bahasa itu sendiri, ataupun diluar ruang lingkup bahasa, seperti pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan yang lainnya.
4) Dalam tujuan filologis, fungsi bahasa untuk mempelajari berbagai naskah tua untuk menyelidiki latar belakang dari sejarah manusia, perkembangan bahasa itu sendiri, dan lain sebagainya.
5) Fungsi bahasa juga penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam bidang tersebut, sebuah bahasa digunakan pada konsep untuk kecerdasan buatan.

Itulah pengertian bahasa menurut para ahli dan fungsi bahasa.

Poskan Komentar