Pengertian Pancasila, Fungsi Pancasila, dan Arti Lambang Pancasila

Pengertian Pancasila


Pancasila ialah ideologi dasar negara Indonesia yang asalnya dari ajaran budha dalam kitab tripitaka 2 kata: "panca" yaitu "lima" dan "syila" yang memiliki arti "dasar". Jadi, Pancasia memiliki maksa 5 aturan tingkah laku yang penting. Adanya kata Pancasila sudah sejak lama dikenal yaitu sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana terdapat sila-sila yang ada dalam Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat ataupun dikalangan kerajaan meskipun sila-sila tersebut belum untuk dirumuskan secara konkrit.

Menurut kitab Sutasoma yang dikarang oleh Mpu Tantular, Pancasila memiliki arti “pelaksanaan kesusilaan yang lima” atau “berbatu sendi yang lima”. Pancasila dipakai untuk menjadi dasar guna mengatur segala bentuk arah serta gerak dari pemerintahan negara yang memiliki tujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan yang ada dalam bernegara. Arti lambang pancasila penuh akan makna. Fungsi pancasila salah satunya merupakan asas kerohanian tertib hukum di Indonesia

Dalam proses merumuskan Pancasila tersebut pada awalnya saat sidang BPUPKI yang pertama dan dipimpin oleh dr. Radjiman Widyodiningrat. Pada kala itu, beliau memberikan sebuah saran supaya ada seseorang yang dapat memberikan ide rumusan terkait dasar negara Indonesia yang kemudian akan dibuat nantinya. Lalu, muncullah 3 pembicara yaitu Soekarno, Mohammad Yamin, dan Soepomo. Tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI tersebut, Ir. Soekarno menyampaikan pidato secara lisan tentang rumusan dasar negara Indonesia.

Pengertian Pancasila
Lalu guna memberikan nama “Pancasila” hal inilah menurut Ir. Soekarno atas masukan dari seorang temannya yang merupakan seorang ahli bahasa. Akhirnya pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan yaitu Undang-undang Dasar 1945 termasuk pembukaan yang mana di dalamnya terdapat isi rumusan tentang 5 prinsip sebagai satu dasar negara yang kemudian dinamai dengan Pancasila. Fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia sangatlah penting. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian pancasila menurut para ahli :

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli
Untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian pancasila, berikut ini pengertian pancasila menurut para ahli :
  1. Ir. Soekarno
  2. Pancasila merupakan isi yang terdapat dalam jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun lamanya sudah terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Oleh sebab itu, Pancasila tidak saja sebagai falsafah negara, namun cakupannya lebih luas, yaitu falsafah bangsa Indonesia.
  3. Muhammad Yamin
  4. Pancasila berasal dari kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu "Panca" yang memiliki arti “lima” dan "Sila" yang berarti “dasar atau sebuah peraturan tingkah laku yang penting dan baik”.
  5. Notonegoro
  6. Pancasila merupakan dasar falsafah dari negara Indonesia. Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai suatu dasar kesatuan.


Dapat disimpulkan bahwa pengertian Pancasila yang sebagai dasar negara ialah untuk mengatur penyelenggaraan dalam pemerintahan negara Indonesia. Sedangkan Pancasila menurut dari Ketetapan MPR No.III/MPR/2000 ialah sumber hukum dasar nasional.

Fungsi Pancasila

Fungsi Pancasila
Dalam kedudukannya yaitu pancasila sebagai dasar negara maka fungsi pancasila antara lain :
  1. Fungsi pancasila salah satunya sebagai sumber dari segala sumber hokum (sumber tertib hukum) di Indonesia. Oleh sebab itu, Pancasila adalah asas kerohanian tertib hukum di Indonesia.
  2. Suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar.
  3. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara Indonesia.
  4. Norma-norma yang mengharuskan Undang-Undang Dasar memiliki kandungan isi yang mengharuskan pemerintah dan lain-lain dari penyelenggara negara untuk memegang teguh cita-cita moral seluruh rakyat yang luhur.
  5. Sumber semangat bagi UUD 1945, pelaksana pemerintahan, dan penyelenggara negara. MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) dengan Ketetapan No. XVIIV MPR/1998 yang telah mengembalikan kedudukan Pancasila menjadi dasar negara RI.


Arti Lambang Pancasila

Arti Lambang Pancasila
Burung Garuda adalah lambang negara bangsa Indonesia sejak negara Indonsia berdiri. Namun, tidak semua orang mengetahui mengenai arti serta makna pada garuda pancasila yang merupakan lambang negara. Sebagai warga negara Indonesia, paling tidak kita mengetahui serta mengerti tentang arti lambang negara sebagai sikap penghargaan terhadap para pejuang bangsa. Berikut arti lambang pancasila.
  1. Burung Garuda yang merupakan kendaraan dari Dewa Wisnu yang kuat dan besar.
  2. Warna dari Burung Garuda yang berwarna kuning emas menggambarkan sifat agung dan jaya.
  3. Garuda ialah burung gagah dengan mempunyai paruh, ekor, cakar, dan sayap yang menggambarkan tenaga pembangunan dan kekuatan.
  4. Jumlah bulu burung Garuda melambangkan hari kemerdekaan negara Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.
    • Bulu burung Garuda masing-masing sayap mempunyai 17 helai.
    • Bulu Ekor yang mempunyai 8 helai.
    • Bulu Leher yang mempunyai 45 helai.


Pada bagian dada burung Garuda tersebut terdapat sebuah perisai yang dalam arti kebudayaan dan peradaban Indonesia merupakan senjata yang digunakan untuk berjuang, berlindung, dan bertahan untuk meraih suatu tujuan. Perisai pada burung Garuda bergambar 5 simbol yang berarti masing-masing :
  1. Bintang
  2. Pada sila ke-1 Pancasila, yaitu melambangkan Ketuhanan yang Maha Esa.
  3. Rantai Baja
  4. Pada sila ke-2, yaitu melambangkan Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  5. Pohon beringin
  6. Pada sila ke-3, yaitu melambangkan Persatuan Indonesia.
  7. Kepala banteng
  8. Pada sila ke-4, yaitu melambangkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  9. Padi serta kapas
  10. Pada sila ke-5, yaitu melambangkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terdapat garis hitam tebal yang ada di tengah perisai yaitu melambangkan garis khatulistiwa yang menggambarkan tempat negara Indonesia yang berada di garis khatulistiwa tersebut. Warna dasar dari perisai tersebut berwarna merah putih seperti pada warna bendera negara Indonesia.

Itulah pengertian pancasila, fungsi pancasila, dan arti lambang pancasila. Sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang baik, paling tidak kita harus mengetahui serta mengerti terlebih dahulu tentang pengertian pancasila, arti lambang pancasila, dan juga fungsi pancasila itu sendiri.

Poskan Komentar