Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi

Membahas tentang komputer, pasti suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi. Namun, apakah pengertian sistem operasi itu sendiri? Pengertian sistem operasi komputer merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang mempunyai peran guna mengontrol dan melakukan manajemen pada perangkat keras atau hardware serta berbagai operasi dasar pada sistem tersebut, termasuk didalamnya menjalankan sebuah software. Tanpa adanya sistem operasi didalam sebuah komputer, pengguna tersebut tidak dapat untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang ada pada komputer mereka, kecuali hanya program booting.

Dalam bahasa Inggris, kata sistem operasi disebut dengan OS atau kepanjangan dari operating system. Sistem operasi komputer ialah suatu software yang terletak pada lapisan utama dan software tersebut yang pertama kali diletakkan ke dalam memori sebuah komputer ketika komputer tersebut dihidupkan. Memori komputer yaitu harddisk.

Pengertian Sistem Operasi
Setelah sistem operasi suatu komputer berjalan, maka aplikasi atau software yang ada didalamnya dapat dijalankan. Sistem operasi tersebut berfungsi untuk melakukan layanan inti umum guna menjalankan aplikasi atau software yang ada didalamnya. Karena software tersebut sudah dilayani oleh sistem operasi, maka software sudah tidak perlu untuk melakukan pekerjaan inti umum. Layanan inti umum yang dimaksud tersebut antara lain : manajemen memori, user interface, memberi akses ke disk, serta menjadwalkan beberapa aplikasi pemrograman yang berjalan dengan bersamaan.

Bagian-Bagian Sistem Operasi

Bagian-Bagian Sistem Operasi
Pada umumnya, sistem operasi suatu komputer terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
    1) Mekanisme Boot ialah meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
    2) Kernel yaitu suatu inti dari sistem operasi.
    3) Command Interpreter atau shell memiliki tugas untuk membaca input dari pengguna.
    4) Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi-fungsi dasar serta standar yang dapat untuk dipanggil oleh software lain.
    5) Driver yang berguna untuk melakukan interaksi dengan hardware-hardware eksternal lainnya dan sekaligus untuk mengontrol hardware tersebut.


Fungsi Sistem Operasi

Fungsi Sistem Operasi
Fungsi sistem operasi pada umumnya yaitu sebagai jembatan atau penghubung antara lapisan software dengan lapisan hardware serta berfungsi untuk menjalankan berbagai macam perintah penting yang ada dalam komputer. Fungsi sistem operasi lainnya yaitu untuk menjamin software agar dapat berjalan secara lancar. Selain itu fungsi sistem operasi komputer juga untuk menjamin program-program yang lainnya dalam memakai memori, dapat melakukan input dan output, memiliki akses ke sistem file yang ada pada komputer. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi sistem operasi :

    1) Bertindak sebagai Kordinator yang memberikan fasilitas agar segala aktivitas yang sifatnya kompleks dapat dikerjakan dengan urutan yang benar.
    2) Bertindak sebagai Pengawal yang berperan untuk memegang kendali proses guna melindungi file-file serta untuk memberi batasan terhadap penulisan, pembacaan, eksekusi data dan program.
    3) Bertindak sebagai penjaga gerbang yang berperan mengawasi siapa saja yang dapat atau diperbolehkan masuk ke dalam sistem komputer tersebut.
    4) Bertindak sebagai pengoptimal yang membuat jadwal atas beberapa masukan dari si pengguna, komputasi, akses basis data, keluaran, dan sebagainya guna meningkatkan kinerja sistem tersebut.
    5) Bertindak sebagai akuntan yang akan menjaga pewaktuan mengenai CPU untuk tetap berada di jalur yang benar, operasi I/O, penggunaan memori, penyimpanan pada disk, dan sebagainya.
    6) Bertindak sebagai server yang akan memberikan pelayanan yang diperlukan oleh user atau pengguna, contohnya restrukturisasi direktori file.


Contoh Sistem Operasi

Contoh Sistem Operasi
Terdapat beberapa contoh sistem operasi yang ada di dunia. Berikut contoh sistem operasi, antara lain:
  1. Windows
  2. Windows merupakan salah satu contoh sistem operasi yang sering digunakan. Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows memakai tampilan antar muka bergrafis atau GUI (Graphical User Interface). Dulunya Windows masih berupa ke dalam jenis Ms-Dos. Ms-Dos adalah sistem operasi yang memakai teks atau Command-Line interpreter.
  3. Linux
  4. Sistem operasi Linux yang berbasis pada standar sistem operasi yaitu POSIX dan merupakan turunan dari UNIX.
  5. Macintosh
  6. Salah satu contoh sistem operasi yaitu Macintosh. Macintosh merupakan sistem operasi yang dapat dipakai oleh komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Macintosh ini dibuat oleh perusahaan Apple. Karena Macintosh sudah dirancang khusus, sehingga Macintosh tidak cocok untuk dipakai pada komputer yang berbasis IBM. Sistem operasi ini adalah yang pertama yang memakai GUI (Graphical User Interface).
  7. Symbian
  8. Sistem operasi Symbian dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Sistem operasi Symbian ini dirancang untuk peralatan yang bergerak, seperti handphone.
  9. Android
  10. Android ialah salah satu sistem operasi yang sudah sangat dikenal dan populer. Android merupakan sistem operasi yang khusus dirancang untuk mobile atau ponsel dan pada dasarnya Android adalah OS linux yang dikembangkan.
  11. Solaris
  12. Solaris adalah sisstem Operasi yang berdasarkan dengan UNIX system yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Sun Microsystems yang merupakan pendukung SunOS. Sistem operasi Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya yang ada pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris sudah disertifikasi ke dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal dari pengembangan sistem operasi tersebut berdasarkan dengan kepemilikan pribadi, kode dasarnya pada sistem solaris Solaris kebanyakan merupakan Software OpenSource yang sekarang sudah biasa dikenal dengan OpenSolaris.
  13. Chrome OS
  14. Ada juga sistem Operasi yang dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu Google. Chrome OS memiliki keunggulan yang sangat ringan serta berbasiskan Linux dan juga standard web untuk PC atau personal computer. Google Chrome sendiri bekerja dengan menggunakan metode switching atau Multi-Tasking, Windowing . Sistem operasi Chrome OS memakai standard web HTML 5, yang mana merupakan pengembangan dari sebuah software di browser yang berbasis OS atau Sistem Operasi.


Itulah pengertian sistem operasi, fungsi sistem operasi, dan contoh sistem operasi. Pengertian sistem operasi atau OS adalah suatu software yang berperan penting di dalam sebuah komputer.

Poskan Komentar