Cara Setting Modem Speedy TP Link Lengkap!

Apakah Anda masih bingung atau belum tahu bagaimana cara setting modem speedy? Reset atau yang sering kita sebut dengan setting ulang merupakan salah satu hal dasar yang seharusnya diketahui bagi Anda yang menggunakan modem Speedy, baik modem tersebut digunakan untuk warnet ataupun rumah sendiri.

Setelah kita membeli modem speedy telkom, hal pertama yang dilakukan adalah melakukan setting atau pengaturan terlebih dahulu supaya modem tersebut dapat digunakan agar terhubung ke internet.

Salah satu modem speedy telkom yang diminati adalah modem TP Link. Namun, terdapat kendala ketika kita membeli modem TP LINK tersebut yang terkadang tidak semua orang dapat mensetting atau mengatur modem tersebut, sehingga modem speedy yang dibeli tidak dapat digunakan.

Cara Setting Modem Speedy TP Link Lengkap!
Oleh sebab itu cara setting modem speedy merupakan tutorial yang wajib diketahui oleh Anda para pengguna Speedy. Sebagai seorang pengguna Speedy, Anda tentu harusnya mempunyai suatu kemampuan guna mengatasi segala permasalahan apalagi yang hanya sekedar setting modem speedy, seperti mengatur username modem dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui cara setting modem speedy, Anda dapat mengatasi error atau internet yang tidak berjalan dengan baik tanpa perlu mendatangkan teknisi Speedy yang terkadang membutuhkan waktu 2-3 hari menuju rumah. Berikut penyebab modem Speedy harus di setting ulang.

Penyebab Modem Speedy Harus di Setting Ulang

  1. Listrik yang mati secara mendadak dan kemudian koneksi modem speedy tidak dapat konek ke internet dengan baik. Hal ini yang mengharuskan modem tersebut harus disetting ulang.
  2. Lupa ip gateway modem speedy yang sudah diubah. 192.168.1.1 merupakan default ip gateway modem speedy dan jika kita ubah misal 192.168.1.20, maka jika kita lupa dengan ip gateway yang kita ubah tadi maka kita harus reset atau setting ulang modem tersebut.
  3. Hujan deras yang disertai dengan petir dapat membuat modem speedy menjadi mati dan harus diatur ulang. Hal ini karena kabel telkom speedy terkena induksi secara tidak langsung oleh petir.
  4. Koneksi modem speedy yang putus nyambung (dapat dilihat pada lampu indikator yang menyala di modem).

Catatan penting : sebelum mensetting ulang modem speedy, persiapkan terlebih dahulu username dan juga password modem speedy yang diberikan oleh teknisi telkom speedy pada saat dipasang pertama kali dulu. Akan tetapi pada umumnya username : admin dan password : admin. Berikut cara setting modem speedy.

Cara Setting Modem Speedy

Pada umumnya modem speedy yang digunakan bermerekk TP-Link (TD-WD…dan lain sebagainya). Cara untuk mereset atau mensetting ulang bukan merupakan hal yang sesulit orang lain pikirkan. Yang terpenting Anda harus tahu tentang no speedy dan passwordnya, selain itu Anda juga dapat browsing di internet mengenai cara reset modem. Biasanya cara setting modem speedy kebanyakan sama, berikut penjelasannya :

Catatan penting : Jika Anda melakukan setting ulang pada perangkat, perangkat akan kembali ke setelan default pabrik dan Anda akan kehilangan semua pengaturan Anda.
Terdapat 2 metode yang dapat Anda lakukan untuk mensetting ulan ke pengaturan awal pada modem speedy.

Metode 1 : Dengan menekan tombol Reset (Hard Reset)
Hard Reset


Ketika modem Router dalam keadaan hidup, tekan dan tahan tombol reset yang terdapat pada panel belakang dengan pin sekitar 7 hingga 10 detik. Kemudian lepaskan tombol reset serta tunggu perangkat tersebut untuk reboot secara otomatis ke setelan default pabrik.

Metode 2 : Dengan Router web Base Utility
  1. Hubungkan modem speedy dengan komputer menggunakan kabel UTP, pasang konektor line telepon atau ADSL ke modem dan kabel power modem. Kemudian hidupkan modem speedy Anda.
  2. Oleh karena IP default pada modem speedy adalah 192.168.1.1 maka terlebih dahulu ubah IP address pada komputer Anda menjadi 192.168.1.2
    Cara mengganti ip komputer dan dns :
    Klik Start >> Control panel >> Network Connctions >> Klik kanan Local area connection dan pilih properties >> kemudian pilih yang bernama internet protocol (tcp/ip) lalu klik properties >> lalu centang Use the following ip address >> lalu setting sebagai berikut :

    ip address : 192.168.1.2
    subnet mask : 255.255.255.0
    Default gateway : 192.168.1.1
    Setting Use follwing dns ip addresses :
    Saya memakai dns google, sebagai berikut :
    Preferres dns server: 8.8.8.8
    Primary dns server : 8.8.4.4
  3. Mengganti IP komputer dan DNS
  4. Buka browser seperti google chrome, mozilla firefox, atau yang lain sebagainya. Kemudian ketik 192.168.1.1 dan tekan enter. Akan muncul jendela baru, kemudian masukkan username dan password default modem speedy.
    username : admin
    password : admin
  5. Ketik 192.168.1.1 pada browser
  6. Setelah masuk pada halaman utama speedy, kemudian klik Quick Start > Run wizard
  7. klik Quick Start  Run wizard
  8. Muncul jendela selanjutnya, lalu klik Next.
  9. klik Next
  10. Kemudian pilih waktu daerah Anda, kemudian klik Next.
  11. Pilih waktu daerah Anda
  12. Pilih PPPoE/PPPoA.
  13. Pilih PPPoE/PPPoA
  14. Masukkan username serta password speedy, lalu klik Next.
  15. Masukkan username serta password speedy
  16. Setting wifi modem speedy Anda, agar dapat menggunakan wifi tinggal klik centang Activated.
    SSID : nama wifi Anda (terserah anda).
    PRESHARED KEY : password wifi Anda (terserah anda).
    Setelah itu klik Next.
  17. Setting wifi modem speedy
  18. Klik Next.
  19. Klik Next, selesai.
Itulah cara setting modem speedy. Apabila Anda sudah mengikuti dan melakukan tahap-tahan yang dijabarkan diatas, Anda sudah dapat berselancar di dunia internet seperti biasa. Namun, jika modem tidak dapat terhubung ke jaringan internet, pastikan user dan juga password Speedy yang Anda masukkan sudah benar. Jika masalah masih belum dapat terselesaikan, hubungi 147 untuk penanganan langsung dari telkom.

Poskan Komentar