Pengertian Bakteri dan Ciri-Ciri Bakteri

Pengertian Bakteri

Pengertian bakteri. Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel atau disebut dengan prokariot. Bakteri termasuk ke dalam domain prokariota serta memiliki ukuran yang sangat kecil atau mikroskopik. Bakteri juga memiliki peran besar dalam kehidupan. Beberapa kelompok bakteri lebih dikenal sebagai penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok bakteri yang lainnya dapat memberikan berbagai manfaat dibidang pangan, pengobatan, serta industri.

Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus (inti sel), kerangka sel, serta organel-organel lainnya seperti mitokondria dan kloroplas. Hal tersebut yang menjadi sebuah dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang umumnya lebih kompleks.

Pengertian bakteri
Bakteri dapat ditemukan pada hampir semua tempat seperti di tanah, udara, udara dalam simbiosis dengan organisme lain ataupun agen parasit (patogen), bahkan bakteri dapat terdapat dalam tubuh manusia. Pada umumnya, bakteri memiliki ukuran 0,5-5 μm, tetapi ada juga bakteri tertentu yang memiliki diameter mencapai hingga 700 μm, yaitu Thiomargarita. Mereka memiliki dinding sel seperti sel tumbuhan serta jamur, tetapi dengan bahan pembentuk yang sangat berbeda (peptidoglikan). Beberapa jenis bakteri bersifat motil atau dapat bergerak serta mobilitasnya disebabkan oleh flagel.

Ciri-Ciri Bakteri

Ciri-ciri bakteriAdapun ciri-ciri bakteri sebagai berikut :
  1. Pada umumnya bakteri tersebut tidak memiliki klorofil.
  2. Hidupnya bebas atau sebagai parasit (patogen).
  3. Bentuknya beraneka ragam.
  4. Memiliki ukuran yang kecil rata-rata sekitar 1 hingga 5 mikron.
  5. Tidak mempunyai membran inti sel atau disebut juga dengan prokariot.
  6. Kebanyakan Uniseluler atau memiliki satu sel.
  7. Bakteri yang hidup pada lingkungan ekstrim (Archaebacteria) memiliki dinding sel yang tidak mengandung peptidoglikan.

Itulah pengertian bakteri dan ciri-ciri bakteri. Baca juga artikel tentang virus yang menguntungkan dan merugikan.

Posting Komentar