15 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Lengkap!

Pengertian Fisika

Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA atau ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang gejala alam dan semua interaksi yang menyertai fenomena tersebut. Tujuan dalam mempelajari fisika tersebut guna mendapatkan produk fisika yang memiliki sifat yang khas serta untuk menjelaskan gejala alam yang terjadi tersebut. Produk fisika terdiri atas teori, konsep, dan hukum. Contoh konsep fisika, contohnya : suhu, gaya, kecepatan, massa jenis, energi, dan momentum.

Kata Fisika berasal dari suatu bahasa, yaitu bahasa Yunani yang artinya “Alam”. Ilmu fisika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai sifat serta gejala yang terjadi pada benda-benda di alam. Berbagai gejala alam tersebut pada awalnya ialah apa yang dialami oleh indra kita, contohnya seperti penglihatan dapat menemukan cahaya atau optika, pendengaran dapat menemukan bunyi, serta peraba dapat merasakan panas.

Pengertian Fisika
Suatu hukum akan selalu melibatkan berbagai konsep yang saling berhubungan. Misalnya : hukum Archimedes yaitu suatu hukum yang menyatakan perilaku benda apabila berada dalam fluida, yang selalu melibatkan konsep-konsep gaya, volume, massa jenis, dan percepatan gravitasi. Sedangkan contoh dari teori ialah adanya teori kinetik gas yang menerangkan bahwa terdapat kaitan antara volume, suhu, serta energi kinetik dari partikel-partikel gas yang ada dalam ruangan tertutup.

Berdasarkan hukum, konsep, serta teori yang ada, ilmu fisika dapat meramalkan adanya sebuah kejadian serta menciptakan teknologi dari adanya ilmu fisika yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia. Misalnya apabila terjadi gerhana matahari total yang dapat diramalkan, bahkan bukan hanya tanggalnya saja, namun hingga sampai hitungan detik. Selain itu, banyak penemuan dari teknologi fisika mulai dari dunia peralatan rumah tangga hingga teknologi penerbangan ruang angkasa yang merupakan hasil nyata dari pengembangan teori atau hukum fisika. Dalam mempelajari gelaja alam tersebut, fisika memakai proses yang terdiri dari : analisis, pengukuran, penarikan kesimpulan, serta pengamatan. Kesimpulan yang akan diambil tersebut harus dilandasi dengan sikap ilmiah.

Selain matematika dan biologi, ilmu fisika menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang mendasar, karena fisika ada hubungannya dengan perilaku serta struktur suatu benda, khususnya benda-benda mati. Menurut sejarah, fisika merupakan salah satu bidang ilmu tertua, karena dimulai dengan adanya berbagai pengamatan-pengamatan dari benda langit, seperti mengamati bagaimana lintasannya, periodenya, dan lain sebagainya.

Fisika sudah berkembang sejak zaman Galileo serta Newton. Galileo dapat merumuskan hukum tentang benda jatuh, sedangkan Newton mempelajari tentang gerak pada umumnya, termasuk diantaranya gerak planet-planet yang terdapat pada sistem tata surya.

Pada zaman modern, adanya ilmu fisika sangat mempengaruhi dalam mendukung perkembangan komunikasi, industri, teknologi, kimia, kedokteran, biologi, dan lain sebagainya. Adanya ilmu fisika dapat menjawab dalam mengatasi berbagai pertanyaan tentang fenomena alam atau gejala alam yang menarik.

Bidang fisika secara garis besar terdiri atas 2 kelompok, antara lain fisika klasik serta fisika modern. Fisika klasik memiliki sumber terhadap berbagai gejala yang ditangkap oleh indra kita. Fisika klasik meliputi antara lain : bunyi, mekanika, panas, listrik magnet, optika, serta gelombang yang menjadi perbatasan fisika klasik dengan fisika modern. Fisika modern sudah berkembang sejaki abad ke-20, sejak adanya penemuan tentang radioaktivitas oleh keluarga Curie serta teori relativitas Einstein. Agar lebih lengkapnya lagi, berikut pengertian fisika menurut para ahli.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli
  1. Bambang Ruwanto
  2. Fisika adalah salah satu bagian dari ilmu dasar atau sains serta merupakan ilmu yang fundamental.
  3. KBBI
  4. Menurut kamus besar bahasa Indonesia menyatakan bahwa fisika merupakan suatu ilmu mengenai zat serta energi seperti cahaya, panas, bunyi, dan lain sebagainya.
  5. Efrizon Umar
  6. Fisika merupakan salah satu ilmu yang didasarkan kepada berbagai besaran-besaran dalam ilmu fisika.
  7. Young, Hough D
  8. Fisika adalah ilmu yang sangat dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan.
  9. Mikrajudin
  10. Menurut Mikrajudin berpendapat bahwa fisika merupakan cabang paling utama dalam ilmu sains, hal ini karena berbagai prinsipnya merupakan dasar atas setiap cabang sains yang lainnya.
  11. Ensiklopedia
  12. Fisika adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang benda beserta gerakannya dan juga manfaatnya bagi kehidupan manusia.
  13. Osa Pauliza
  14. Fisika adalah sesuatu yang dapat diukur serta memiliki nilai-nilai yang dinyatakan ke dalam bentuk satuan.
  15. Gerthsen
  16. Fisika sebagai teori yang mendeskripsikan tentang berbagai gejala alam hingga sesederhana mungkin serta berusaha dalam menemukan hubungan antara kenyataannya. Permasalahan dasar guna memecahkan persoalannya ialah dengan cara mengamati gejala tersebut.
  17. Brockhaus
  18. Fisika merupakan pelajaran tentang kejadian alam yang dapat memungkinkan untuk percobaan, penelitian, pengukuran apa yang didapat, berdasarkan peraturan-peraturan umum, serta penyajian secara sistematis.
  19. Dahmen
  20. Fisika sebagai uraian tertutup mengenai berbagai kejadian fisis yang didasarkan pada hukum-hukum dasar.
  21. Weizacher
  22. Fisika sebagai teori peramaian berbagai alternatif yang secara empiris dengan percobaan yang dapat dibedakan.
  23. Deruxes
  24. Fisika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menguraikan dan menjelaskan hukum alam serta berbagai kejadian alam dengan suatu gambaran menurut pemikiran manusia itu sendiri.
  25. Kusuma
  26. Fisika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai berbagai gejala alam yang terjadi pada energi atau materi yang menempati ruang serta mempunyai massa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari tentang gejala alam keseluruhan.
  27. E.Budikase dan Nyoman
  28. Fisika merupakan ilmu yang banyak memerlukan pemahaman dibandingkan penghafalan.
  29. Drs. Supiyanto, M. Si.
  30. Ilmu Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi suatu tulang punggung perkembangan ilmu pengetahuan.


Itulah 15 pengertian fisika menurut para ahli. Alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian fisika terlebih dahulu, sebelum mempelajari fisika yang lebih dalam lagi.

Posting Komentar