Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Perbedaan ekonomi mikro dan makro. Ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi 2 yaitu ilmu ekonomi mikro serta ilmu ekonomi makro. Berikut ini perbedaan ekonomi mikro dan makro.

Ekonomi Makro

Arus ekonomi makro

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari variabel ekonomi secara keseluruhan. Variabel ekonomi makro antara lain: pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja atau pengangguran, laju inflasi, jumlah uang yang beredar, ataupun neraca pembayaran internasional.
Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari berbagai masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
  1. Sejauh mana berbagai sumber daya yang telah dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi. Sumber daya yang telah dimanfaatkan disebut full employment. Sebaliknya, sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian tersebut masih dalam keadaan under employment atau masih terdapat pengangguran.
  2. Sejauh mana perekonomian tersebut dalam keadaan stabil khususnya stabilitas pada bidang moneter. Apabila nilai uang tersebut cenderung menurun dan dalam kurun jangka waktu yang panjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi juga deflasi.
  3. Sejauh mana perekonomian tersebut mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik yang terjadi antara pertumbuhan ekonomi serta pemerataan distribusi pendapatan terdapat yang disebut trade off maksudnya bila ada yang satu membaik, yang lainnya akan cenderung memburuk.







Ekonomi Mikro

Arus ekonomi mikro

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya seperti perusahaan, rumah tangga, dan sebagainya. Dalam ekonomi mikro dipelajari tentang bagaimana individu tersebut dalam menggunakan sumber daya yang telah dimilikinya sehingga akan tercapai tingkat kepuasan secara optimum. Secara teori, tiap-tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimum bersama dengan individu yang lain akan menciptakan terjadinya keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus.


Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Dilihat dari segi
Ekonomi Mikro
Ekonomi Makro
Harga
Harga adalah nilai dari suatu komoditas atau barang tertentu saja
Harga adalah nilai dari suatu komoditas secara keseluruhan atau agregat
Unit analisis
Pembahasan tentang kegiatan ekonomi yang melibatkan secara individual. Contohnya permintaan dan penawaran, pasar, biaya dan laba atau rugi dari suatu perusahaan
Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara agregat atau keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, inflasi, deflasi, investasi, pertumbumhan ekonomi.
Tujuan analisis
Ekonomi mikro lebih memfokuskan terhadap tujuan analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar dapat tercapai kombinasi yang tepat.
Ekonomi makro lebih memfokuskan terhadap tujuan analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang dilakukan terhadap perekonomian yang terjadi secara keseluruhan

Itulah perbedaan ekonomi mikro dan makro.

Posting Komentar