15 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Efektif

Cara menambah berat badan. Tidak sedikit juga orang yang ingin menambah berat badan mereka. Terlebih bagi para kaum pria yang ingin memiliki badan yang berisi dan terlihat gagah di depan lawan jenis. Meskipun telah berusaha keras, banyak dari mereka yang masih belum mendapatkan hasil yang maksimal. Sama seperti cara menurunkan berat badan, menambah berat badan diperlukan kombinasi antara makanan dan olahraga.

Cara menambah berat badan
Salah satu cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan cara yang sehat, yaitu dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, dan sebagainya. Cara tersebut sangatlah efektif dibandingkan dengan melakukan operasi untuk menambah berat badan dengan instan dan cara-cara yang lainnya. Cara sehat tersebut tentunya memakan waktu yang cukup lama, namun tidak memiliki efek samping apapun. Anda juga dapat menggabungkan sebagian besar tips ini secara efektif dalam gaya hidup Anda yang biasa tanpa membuat terlalu banyak perubahan dan menambah berat badan dengan mudah. Berikut cara menambah berat badan.

Cara Menambah Berat Badan


  1. Meningkatkan Asupan Kalori
  2. Meningkatkan Asupan Kalori
    Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan kalori Anda. Perempuan yaang berumur 17-25 tahun setidaknya membutuhkan 1.500 kalori setiap hari. Namun pastikan Anda mencukupi kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Hanya dengan meningkatkan kalori 500 setiap hari, Anda akan dapat memperoleh 1 sampai 1,5 pound per minggu. Jangan meningkatkan kalori secara berlebihan, seperti mengkonsumsi junk food atau makanan yang digoreng. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan protein. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang akan Anda makan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memberikan rencana makanan yang dapat menambah berat badan secara tepat.

  3. Mencukupi Kebutuhan Protein
  4. Mencukupi Kebutuhan Protein
    Banyak makanan disekitar Anda yang mengandung protein. Makanan yang kaya akan protein seperti daging ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan yang dapat mencukupi kebutuhan protein.

  5. Mengkonsumsi Makanan Sehat
  6. Mengkonsumsi Makanan Sehat
    Makanan yang kaya akan lemak dan nutrisi yang sehat dapat membantu dalam menambahkan berat badan. Salah satu caranya dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun di atas salad dan sayuran. Makanan yang penuh lemak hewan yang sehat juga dapat dikonsumsi secara teratur untuk meningkatkan berat badan. Lemak yang jenuh tidak baik untuk kesehatan, jadi pastikan Anda memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi.

  7. Tingkatkan Porsi Makan
  8. Tingkatkan Porsi Makan
    Anda perlu meningkatkan ukuran porsi makan. Makan lebih banyak dari biasanya. Tambahkan menu sarapan dengan buah-buahan seperti buah pisang atau dapat dengan menambahkan telur rebus. Salah satu tipsnya yaitu dengan menggunakan piring yang lebih besar. Hal ini dapat mengelabui otak Anda sehingga Anda percaya bahwa Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

  9. Makan Lebih Sering
  10. Makan Lebih Sering
    Salah satu cara menambah berat badan yang efektif yaitu dengan makan lebih sering. Semula makan tiga kali sehari, sekarang lima kali. Jangan melewatkan makanan yang tersisa. Para ahli gizi mengatakan bahwa lebih baik mengkonsumsi 6 kali makanan dalam porsi kecil dalam sehari dibandingkan dengan 3 kali makan dalam porsi besar. Dengan cara tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi kembung pada setiap kali makan.

  11. Mengubah Gaya Makan
  12. Mengubah Gaya Makan
    Anda perlu mengubah kebiasaan makan jika ingin menambah berat badan. Mengkonsumsi makanan ringan secara teratur. Hal ini dapat menambah kalori tanpa Anda sadari. Pada saar sedang menonton TV, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahah seperti mangga atau kacang-kacangan.

  13. Hindari Minum Sebelum Makan
  14. Hindari Minum Sebelum Makan
    Minum sebelum makan, merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan biasanya dijalani oleh orang yang sedang diet. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, hal terebut tidak dianjurkan. Minum air sebelum makan dapat membuat perut menjadi kenyang terlebih dahulu sehingga dapat membuat porsi makanan menjadi berkurang.

  15. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat
  16. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat
    Karbohidrat sangatlah diperlukan tubuh untuk menambah berat badan. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat seperti : berbagai macam buah-buahan dan sayuran, nasi merah, makanan yang berbahan dasar gandum seperti sereal serta roti. Sereal dan roti merupakan makanan yang berbahan dasar gandum yang memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  17. Meningkatkan Rasa Makanan
  18. Meningkatkan Rasa Makanan
    Banyak orang yang kehilangan nafsu makan mereka hilang dikarenakan makanan tersebut tidak memiliki cita rasa yang sesuai dengannya. Nah jika Anda menjadi salah satu bagian dari mereka, jangan ragu untuk memecahkan masalah tersebut dengan menambahkan atau membuat hidangan yang cocok bagi Anda. Apabila Anda suka dengan sandwich dan bosan dengan sandwich tersebut, Anda dapat menambahkan sesuatu yang baru seperti mayones dan keju. Topping yang lezat akan selalu membuat hidangan menjadi lebih menarik.

  19. Latihan Kekuatan Otot
  20. Latihan Kekuatan Otot
    Siapa bilang Anda tidak perlu beberapa latihan untuk menambah berat badan? Anda harus mengangkat beban dan melakukan beberapa latihan kekuatan jika ingin menambah berat badan dengan tepat dan sehat. Latihan kekuatan sangat ideal untuk Anda. Melakukan beberapa latihan bench presses, jongkok, sit-up, chin up dan sebagainya. Jika Anda belum mencoba latihan kekuatan otot sebelumnya, cobalah melakukannya dengan seseorang yang sudah akrab dengan latihan-latihan tersebut atau seorang pelatih pribadi.
    Buat daftar latihan yang Anda ingin lakukan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menambah berat badan. Intinya adalah harus rajin dengan apa yang Anda lakukan. Berolahraga dapat meningkatkan nafsu makan. Setelah Anda selesai dengan latihan, pastikan Anda makan yang cukup untuk mengganti apa yang telah Anda gunakan. Anda juga dapat bersepeda secara rutin, paling tidak setidaknya sekitar 1 kali dalam seminggu.

  21. Perbanyak Minum Air Putih
  22. Perbanyak Minum Air Putih
    Kebanyakan dari kita tidak begitu mementingkan untuk mengkonsumsi air putih. Dan bahkan banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman yang bersoda. Mengkonsumsi minuman bersoda dapat merusak tubuh karena minuman bersoda mengandung kandungan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih terlebih pada saat pagi hari atau bangun tidur. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna. Cukup minum air putih 8 gelas sehari.

  23. Buat Jurnal Makanan
  24. Buat Jurnal Makanan
    Anda perlu membuat jurnal makanan jika Anda ingin menambah berat badan. Dengan mengevaluasi apa yang telah Anda makan sepanjang hari akan membantu Anda memahami dengan jelas kebiasaan makan yang lebih baik. Tulis usaha Anda dalam menambah berat badan dengan menulis berat badan Anda setiap minggunya. Hal ini dapat membantu Anda tetap termotivasi sepanjang hari dan mendorong lebih keras lagi dalam menambah berat badan.

  25. Tetap Termotivasi
  26. Tetap Termotivasi
    Apabila Anda ingin menambah berat badan, Anda harus tetap fokus. Cobalah untuk tidak keluar dari tujuan Anda. Disarankan untuk tidak melebihi lebih dari 4 pound sebulan. Apabila melebihi, hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak sehat. Jangan menetapkan tujuan yang terlalu tinggi, hal tersebut dapat merepotkan dan menyulitkan Anda serta mungkin saja Anda akan berhenti untuk berusaha menambah berat badan.

  27. Jaga Kesehatan
  28. Jaga Kesehatan
    Hal yang paling penting yang perlu Anda ingat selama proses dalam menambah berat badan adalah untuk tetap menjaga kesehatan. Banyak orang biasanya berpikir bahwa menambah berat badan hanya cukup dengan mengkonsumsi junk food atau tidak pernah berolahraga. Hal tersebut benar-benar salah. Anda perlu makan seimbang dan berolahraga secara teratur. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi merupakan pilihan yang tepat dan berpengaruh secara keseluruhan dalam proses menaikkan berat badan. Apabila Anda seorang yang suka mengkonsumsi alkohol dan merokok, hilangkan kebiasaan itu. Selain tidak baik untuk kesehatan, kebiasaan tersebut juga dapat mengurangi kesempatan dalam menaikkan berat badan.

  29. Penyakit Tertentu
  30. Penyakit Tertentu
    Ada beberapa penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan si penderitanya akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan. Penyakit tertentu tersebut yaitu seperti TBC, asma, penyakit pada saluran pencernaan, diabetes, gangguan hormon tiroid, kanker, dan sebagainya. Bahkan penyakit tertentu tersebut dapat membuat berat badan semakin turun.


Itulah 15 cara menambah berat badan secara alami. Perlu Anda ketahui, sebelum Anda melakukan cara-cara tersebut, alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah Anda diperbolehkan dan dapat melakukannya. Di khawatirkan Anda mempunyai penyakit tertentu yang justru melarang Anda untuk tidak melakukan salah satu cara diatas.

Posting Komentar