Pengertian Informasi, Contoh, Fungsi, dan Jenis-Jenis, Lengkap!

Pengertian Informasi

Pengertian informasi adalah sekumpulan fakta atau data yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa menjadi sesuatu yang dapat dimengerti serta bermanfaat bagi penerimanya.

Pengertian InformasiDari definisi yang telah dijelaskan tersebut dapat disimpulkan bahwa kata “informasi” mempunyai arti berbeda dengan kata “data”. Pengertian data adalah fakta yang masih belum diolah atau bersifat mentah, setelah diolah maka data tersebut dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Tidak semua data atau fakta dapat diolah sedemikian rupa menjadi informasi yang bermanfaat bagi penerimanya. Apabila terdapat data yang kemudian diolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerima, maka belum bisa disebut sebagai informasi.

Secara etimologis kata “informasi” berasal dari bahasa Latin, “Informatinem” yang berarti ide, garis besar, atau kode. Informasi sendiri dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk, contoh informasi seperti gambar, tulisan, tabel, video, diagram, audio, dan sebagainya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa pengertian informasi menurut para ahli.
  1. Raymond McLeod
    Menurut Raymond McLeod, pengertian informasi adalah fakta atau data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerima serta bermanfaat dalam pengambilan keputusan pada saat ini atau masa mendatang.
  2. Jogiyanto HM
    Pengertian informasi adalah hasil pengolahan data ke bentuk yang bermanfaat bagi si penerimanya yang dapat menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang kemudian digunakan dalam pengambilan keputusan.
  3. Lina Sidharta
    Pengertian informasi adalah suatu data yang disajikan dalam bentuk yang lebih bermanfaat dan berguna untuk mengambil keputusan.
  4. George R. Terry
    Pengertian informasi adalah data penting yang dapat memberikan sebuah pengetahuan yang berguna bagi penerima.
  5. Azhar Susanto
    Pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data yang dapat memberikan manfaat dan arti bagi penerimanya.


Fungsi Informasi

Fungsi Informasi
Terdapat 7 fungsi informasi bagi manusia. Berikut ketujuh fungsi informasi bagi manusia :
  1. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru
    Dengan adanya informasi yang valid dapat menjadikannya sebagai sebuah pengetahuan baru serta dapat menambah wawasan di bidang tertentu. Contoh informasi misalnya terdapat informasi tentang pelajaran sekolah atau kuliah yang didapatkan dari konten di internet.
  2. Menghapus Ketidakpastian
    Kurangnya informasi mengenai sesuatu dapat menimbulkan ketidakpastian. Sehingga untuk menghapus ketidakpastian itu diperlukan informasi yang lengkap dan valid dari sumber-sumber yang terpercaya.
  3. Sebagai Media Hiburan
    Salah satu fungsi informasi juga dapat sebagai media hiburan bagi masyarakat. Misalnya terdapat informasi tentang objek wisata di suatu tempat dan informasi tersebut disertai dengan gambar-gambar yang menarik.
  4. Sebagai Sumber Berita
    Informasi juga digunakan sebagai sumber berita yang disampaikan kepada khalayak umum atau masyarakat. Contoh informasi mengenai perhelatan Asian Games. Adapun sumber berita tersebut dapat didapatkan dari media Televisi, Internet, Radio, dan lain sebagainya.
  5. Untuk Sosialisasi Kebijakan
    Salah satu fungsi informasi yaitu dapat digunakan untuk menyampaikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat yang dapat dilakukan dengan sosialisasi.
  6. Untuk Mempengaruhi Khalayak
    Penyampaian informasi yang disampaikan melalui media massa pada umumnya dilakukan untuk mempengaruhi khalayak. Contoh informasi tentang produk melalui Televisi yang bertujuan supaya masyarakat dapat mengenal dan tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
  7. Menyatukan Pendapat
    Dengan adanya kemajuan teknologi informasi, sekarang sudah ada yang namanya media sosial, sehingga sudah sangat mudah untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Namun, masih banyak pendapat tersebut yang tidak sesuai dengan fakta.

    Diperlukan informasi yang valid dari sumber-sumber yang terpercaya sehingga dapat bermanfaat untuk menilai apakah pendapat yang disampaikan ke ruang publik tersebut sesuai dengan informasi.


Jenis-Jenis Informasi

Jenis-Jenis Informasi
Berdasarkan pengertian informasi yang telah dijelaskan, informasi dibagi menjadi 4 jenis. Berikut jenis-jenis informasi :
  1. Informasi Berdasarkan Sifat
    Informasi berdasarkan sifat dibagi menjadi 3 bagian, antara lain :
    1) Faktual, adalah informasi berdasarkan fakta serta dapat dibuktikan kebenarannya.
    2) Opini atau konsep, yaitu informasi berdasarkan pendapat dari seseorang mengenai suatu hal.
    3) Deskripsi, yaitu informasi dalam bentuk penjelasan yang dijelaskan secara rinci tentang suatu hal.
  2. Informasi Berdasarkan Kegunaan
    Informasi berdasarkan kegunaan dibagi menjadi 2 bagian, antara lain :
    1) Informasi yang menambah pengetahuan, adalah suatu informasi yang isinya dapat menambah pengetahuan baru untuk seseorang.
    2) Informasi yang berdasarkan penyajian, adalah suatu informasi yang disampaikan ke dalam beberapa bentuk, contoh informasi seperti video, artikel, audio, gambar, dan lain sebagainya.
  3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
    Informasi berdasarkan bidang kehidupan merupakan jenis informasi yang dibuat ke dalam berbagai macam kategori, contoh informasi seperti Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, dan lain sebagainya.
  4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa
    Informasi berdasarkan lokasi peristiwa merupakan jenis informasi yang dibuat dengan berdasarkan lokasi suatu peristiwa tersebut. Informasi berdasarkan bidang kehidupan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu informasi dalam negeri dan luar negeri.


Contoh Informasi

Contoh Informasi
Berikut beberapa contoh informasi :
    1) Selama satu bulan ini karyawan hanya masuk 15 hari saja, ia melakukannya karena orang tuanya sakit-sakitan dan harus keluar masuk rumah sakit.
    2) Telah terjadi kecelakaan kendaraan bermotor di Jalan Raya Sudirman, pagi tadi pukul 08.00, korban jiwa sebanyak 2 orang.
    3) Pertandingan sepakbola antara Liverpool dengan Tottenham Hotspur pukul 02.00 tadi berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool.
    4)
    No.Kode BarangNama BarangHarga Barang (Rp)
    1MG-012Minyak Goreng20.000/ kg
    2 KM-021Kecap Manis15.000 @275ml
    3TA-012Telur Ayam29.000/ kg
    4MBB-022Mentega6.500 @200 gram
    5BR-012Beras10.000/ kg
    6GP-022Gula Pasir12.000/ kg
    Contoh diatas menjelaskan tentang informasi harga bahan makanan di suatu toko kelontong. Informasi yang disampaikan diatas dapat dikatakan bermanfaat hal ini karena mudah dipahami penerimanya dengan baik.


Itulah pengertian informasi, fungsi informasi, jenis-jenis informasi, dan contoh informasi.

Posting Komentar