Pengertian Perdagangan Internasional, Manfaat, Faktor, Jenis

Pengertian Perdagangan Internasional

Apa itu pengertian perdagangan internasional (international trade) serta manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian suatu negara? Bagi yang belajar ilmu ekonomi, maka sudah cukup familiar dengan topik perdagangan internasional.

Pengertian perdagangan internasional adalah interaksi antar negara dalam bentuk jual-beli barang atau jasa atas dasar kesepakatan bersama. Kerjasama internasional pada bidang perdagangan bukanlah hal yang baru, namun sudah ada dari dulu sejak abad pertengahan.

Hubungan ekonomi antar negara meliputi tiga bentuk hubungan, antara lain :
Pengertian Perdagangan Internasional 1) Pertukaran output atau hasil dari satu negara dengan negara lain (perdagangan internasional)
2) Hubungan dalam bentuk hutang piutang antara negara satu dengan negara lainnya
3) Pertukaran atau sarana produksi atau aliran produksi

Salah satu tujuan perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product) atau disebut juga dengan total nilai produksi barang dan jasa suatu negara selama 1 tahun. Dampak perdagangan internasional dapat dirasakan dari segi kepentingan politik, sosial, dan ekonomi yang bertujuan untuk mendorong kemajuan industrialisasi, hadirnya perusahaan multinasional, transportasi, dan globalisasi.

Perdagangan Internasional Secara Umum

Perdagangan dapat diartikan juga sebagai proses tukar-menukar yang terjadi dengan kesepakatan bersama dari pihak yang terlibat di dalamnya. Hal ini karena negara-negara di dunia tidak ada yang mampu untuk memproduksi semua barang dan kebutuhannya sendiri, sehingga harus menerima bantuan dari negara lain.

Perdagangan Internasional Secara UmumProses ini yang kemudian menjadi kegiatan perdagangan internasional atau kegiatan ekspor-impor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan antara satu negara dengan negara lainnya, dimana hal tersebut terjadi karena keterbatasan sumber daya yang ada di negara tersebut. Perdagangan antar negara mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan suatu negara yang mana kebutuhan tersebut tidak dapat diproduksi di negara tersebut, entah itu karena keterbatasan sumber daya alam, modal, skill, atau sumber daya manusia.

Yang dimaksud dengan kedua pihak tersebut bisa antar perorangan, individu dengan pemerintah, atau antar pemerintah masing-masing negara yang bersangkutan.

Sehingga perdagangan internasional memungkinkan terjadinya:
1) Kerja sama ekonomi antar negara
2) Tukar-menukar atau jual-beli barang dan jasa antar negara
3) Pertukaran serta perluasan dari penggunaan teknologi sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi negara yang terlibat
4) Pergerakan sumber daya melalui batas negara, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal
5) Pengaruh terhadap perkembangan ekspor dan impor serta Neraca Pembayaran Internasional suatu negara

Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional
Setelah memahami tentang pengertian perdagangan internasional, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja manfaat perdagangan internasional. Dengan kerjasama internasional di bidang perdagangan mempunyai beberapa manfaat yang didapatkan dari masing-masing negara, antara lain :
1) Meningkatkan penyebaran sumber daya alam suatu negara
2) Memperoleh barang dan atau jasa yang tidak dapat dihasilkan sendiri karena keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia, skill, teknologi, dan lain sebagainya
3) Memperluas pasar yang bertujuan untuk menambah keuntungan dari spesialisasi
4) Memungkinkan adanya transfer teknologi modern yang berguna untuk memahami teknik produksi yang modern dan lebih efisien dalam hal manajemen
5) Mempercepat pertumbuhan ekonomi negara
6) Menambah devisa negara dari adanya hasil ekspor
7) Membuka lapangan pekerjaan di suatu negara
8) Dapat menjalin persahabatan dengan negara lain

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Adapun kerjasama internasional di bidang perdagangan terjadi karena disebabkan oleh adanya beberapa faktor pendorong yang mengharuskan sebuah negara untuk mengadakan kerja sama tersebut. Hal ini karena setiap negara tidak dapat untuk memenuhi kebutuhan negaranya sendiri tanpa ada bantuan sumber daya dari negara lain. Untuk leih jelasnya, berikut faktor pendorong perdagangan internasional:
  1. Adanya Perbedaan Kondisi Geografis
    Setiap negara mempunyai kondisi geografis yang berbeda-beda sehingga menyebabkan pula adanya perbedaan sumber daya yang dimilki.

    Sebagai contoh dahulunya bahan seperti rempah-rempah hanya didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga menjadi pemasok bahan rempah-rempah yang terbesar bagi negara barat. Oleh sebab itu setiap negara tidak dapat untuk memenuhi semua sumber daya yang dibutuhkan sehingga jalan keluarnya adalah dengan melakukan perdagangan internasional.
  2. Adanya Pasar Bebas
    Liberalisme atau adanya kebebasan ekonomi yang sudah ditanamkan dalam perdagangan internasional. Siapa saja mempunyai hak untuk meningkatkan serta memperluas pasarnya dalam menjual belikan produk lintas negara.

    Tujuan dari pasar bebas adalah meningkatkan kerja sama antar negara sehingga berpeluang untuk menambah pendapatan negara. Kebebasan ekonomi menjadi salah satu pemicu individu atau kelompok untuk berlomba-lomba dalam menambah pasar dan meningkatkan produksinya.
  3. Menghemat Biaya
    Perdagangan internasional dinilai menghasilkan pasar yang jangkauannya lebih luas serta pendapatan yang lebih banyak daripada hanya diproduksi di dalam negeri saja. Sehingga dengan melakukan produksi skala besar tentu dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk produksi (fixed cost).
  4. Adanya Perbedaan Teknologi
    Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah karena adanya perbedaan sumber daya manusia yang menyebabkan perbedaan teknologi. Perbedaan teknologi ini yang mengakibatkan sebuah negara untuk hanya bisa menghasilkan barang mentah sehingga harus mengekspor ke negara lain yang kemudian diolah dan diimpor kembali ke negaranya dengan harga yang lebih mahal. Begitu juga sebaliknya, apabila negara maju dalam teknologi saja tanpa memiliki sumber daya alam maka negara tersebut membutuhkan bantuan negara lain. Sehingga terwujudlah perdagangan internasional yang menguntungkan.
  5. Peningkatan Perkembangan Teknologi dan Informasi
    Pada zaman sekarang untuk melakukan interaksi dengan negara lain tidak harus bertemu untuk bertatap muka, hal ini karena adanya kecanggihan teknologi sehingga untuk berkomunikasi dapat dilakukan dengan teknologi informasi yang berbasis internet. Perkembangan digitalisasi serta peralatan komunikasi yang menjadi pemicu setiap negara untuk meningkatkan hasil produksinya untuk dipasarkan dengan negara lain.

Jenis Perdagangan Internasional

Jenis Perdagangan Internasional
Terdapat beberapa jenis perdagangan internasional yang dilakukan antar negara atau sekelompok negara. Berdasarkan pada pengertian perdagangan internasional, maka berikut jenis perdagangan internasional :
  1. Ekspor dan Impor
    Salah satu bentuk perdagangan internasional adalah ekspor dan impor. Ekspor dan impor adalah kegiatan perdagangan internasional yang paling sering dilakukan. Terdapat 2 cara melakukan ekspor, yaitu ekspor biasa (melalui ketentuan-ketentuan yang berlaku) serta ekspor tanpa L/C (barang boleh untuk dikirimkan melalui izin departemen perdagangan).
  2. Barter
    Pertukaran barang dengan barang atau barter masih sering dilakukan dalam perdagangan internasional. Adapun jenis barter antara lain : direct barter, switch barter, bay back barter, dan counter purchase.
  3. Package Deal Package deal adalah perdagangan melalui perjanjian dagang (trade agreement) dengan negara lain.
  4. Konsinyasi
    Pengertian konsinyasi adalah penjualan dengan pengiriman barang ke luar negeri yangmana belum terdapat pembeli tertentu di luar negeri tersebut.
    Penjualannya dilakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang dengan menggunakan cara lelang.
  5. Border Brossing
    Border brossing timbul dari 2 negara yang letaknya saling berdekatan sehingga memudahkan para penduduknya untuk saling melakukan transaksi.

    Perdagangan internasional menjadi agenda penting sebuah negara bukan hanya untuk komersial saja, namun juga dari segi kerjasama yang dilakukan antar bangsa.


Itulah artikel mengenai pengertian perdagangan internasional, jenis perdagangan internasional, manfaat perdagangan internasional, dan faktor pendorong perdagangan internasional.

Posting Komentar