Pengertian Komputer, Fungsi, Komponen, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Komputer

Apa itu komputer? Pengertian komputer secara umum adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang sudah dirumuskan sebelumnya sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Definisi komputer merupakan suatu alat elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen komputer yang saling terhubung satu sama lain hingga membentuk sistem kerja. Sistem di dalam komputer dapat melakukan pekerjaan secara otomatis dengan berdasarkan program yang sudah diperintahkan sehingga menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Pengertian KomputerPada umumnya sebuah komputer terdiri dari tiga elemen utama, antara lain:
1) Perangkat Keras (Hardware), terdiri dari Motherboard, CPU, Processor, RAM, dan Harddisk.
2) Perangkat Lunak (Software) merupakan sistem operasi serta aplikasi-aplikasi yang dimasukkan ke hardware dan dapat bekerja sesuai perintah dari penggunanya.
3) Pengguna Komputer (Brainware) merupakan operator atau pemakai komputer.

Kata “Komputer” awalnya dari bahasa Latin yaitu “Computare” yang mempunyai arti menghitung. Sehingga pengertian komputer secara sederhana adalah alat yang digunakan untuk menghitung aritmatika.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami apa arti komputer, berikut beberapa pengertian komputer menurut para ahli :
  1. V. C. Hamacher
    Definisi komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat serta mampu untuk menerima informasi input digital dan memprosesnya sesuai program yang tersimpan di memori, serta dapat menghasilkan output atau keluaran berupa informasi.
  2. Robert H. Blissmer
    Pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai macam tugas, yaitu menerima input, kemudian memproses input yang diterima sesuai dengan instruksi, menyimpan perintah serta hasil pengolahannya, dan menyediakan output dalam bentuk informasi yang bermanfaat.
  3. Wiliam M. Fuori
    Pengertian komputer merupakan alat pemroses data yang melakukan perhitungan secara cepat dan skala besar, termasuk melakukan perhitungan aritmatika, dan operasi logika, serta tidak ada campur tangan dari manusia.
  4. Donald H. Sanders
    Pengertian komputer adalah suatu sistem elektronik yang dipakai untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat, serta dirancang dan diorganisasikan supaya dapat otomatis menerima dan menyimpan data, kemudian memproses data tersebut sehingga menghasilkan output yang berdasarkan dengan perintah yang tersimpan dalam memori.
  5. Williams & Sawyer
    Menurut Williams & Sawyer, pengertian komputer adalah sebuah mesin serbaguna yang dapat untuk diprogram, menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) serta dapat memproses / memanipulasi data ke dalam sebuah informasi.
  6. Robert H. Blissmer
    Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer adalah alat elektronik yang melakukan tugas-tugas diantaranya menerima input atau masukan, memproses input, menyimpan berbagai macam perintah, serta kemudian menghasilkan output atau keluaran berbentuk informasi.


Fungsi Komputer

Fungsi Komputer
Fungsi komputer sangatlah beragam, tergantung dari penggunanya. Mengacu tentang pengertian komputer diatas, berikut terdapat beberapa fungsi komputer, antara lain :
  1. Data Input
    Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.
  2. Data Processing
    Fungsi komputer yang pertama adalah melakukan pengolahan data atau data processing sehingga dapat menghasilkan output atau keluaran, yaitu informasi. Pada umumnya, data yang diolah berbentuk teks,video, grafik, gambar, audio, dan lain sebagainya.
  3. Data Output
    Fungsi komputer berikutnya yaitu menghasilkan output atau informasi setelah proses pengolahan data. Informasi tersebut disajikan melalui printer, speaker, dan monitor.
  4. Data Storage
    Fungsi komputer dapat digunakan sebagai tempat menyimpan data yang bertujuan agar dapat dengan mudah ditemukan dan digunakan kembali. Data yang tersimpan tersebut dapat disimpan dalam memori internal atau eksternal.
  5. Data Movement
    Fungsi komputer yang terakhir adalah data movement. Komputer dapat berfungsi untuk memindahkan data dari komputer yang satu ke komputer lainnya atau alat-alat output lainnya.


Komponen Komputer

Komponen Komputer
Berdasarkan fungsi komputer yang telah dijelaskan diatas, terdapat komponen komputer yang dibedakan dalam 3 kelompok, antara lain :
  1. Komponen Input
    Komponen input berfungsi sebagai pemberi perintah untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pada komputer. Beberapa komponen komputer input antara lain :
    1) Mouse dan Trackpad, merupakan alat yang dapat menghubungkan antara brainware dengan layar monitor.
    2) Keyboard, memberikan input yang berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
    3) Pen (untuk layar sentuh), mempunyai fungsi yang mirip seperti mouse namun dengan bentuk yang seperti pena.
    4) Microphone, alat yang digunakan untuk input data dalam bentuk audio.
    5) Scanner, alat yang digunakan untuk memindai gambar yang dimasukkan ke sistem komputer.
  2. Komponen Proses
    Komponen proses berfungsi untuk mengolah data atau memproses perintah-perintah yang diberikan dan kemudian ditampilkan pada komponen output. Beberapa komponen komputer proses antara lain :
    1) Processor, menjadi komponen komputer utama dalam proses pengolahan data.
    2) Hard Disk, merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data bersifat permanen, seperti sistem operasi komputer.
    3) Motherboard, merupakan komponen penghubung komponen-komponen yang lainnya dalam komputer.
    4) RAM, merupakan memori yang berfungsi untuk menyimpan aktivitas-aktivitas komputer untuk sementara.
  3. Komponen Output
    Komponen output berfungsi menampilkan informasi dari berbagai perintah yang telah diproses oleh komputer. Beberapa komponen komputer output antara lain :
    Monitor, merupakan komponen output yang menampilkan proses-proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
    Printer, merupakan komponen komputer yang dapat digunakan untuk mencetak informasi ke dalam hard copy.
    Speaker, merupakan komponen output yang menghasilkan suara atau audio.


Jenis-Jenis Komputer

Jenis-Jenis Komputer
Jenis-jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukurannya dapat dibedakan menjadi 7 jenis. Berikut jenis-jenis komputer :
  1. Komputer Portabel
    Komputer portabel adalah salah satu jenis-jenis komputer yang dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana, hal ini karena penggunaannya berpindah-pindah seperti untuk keperluan penelitian di lapangan. Jenis komputer portabel ini kurang populer karena memiliki ukuran yang cenderung berat dan lebih besar dibandingkan dengan laptop.
  2. Komputer Palmtop
    Komputer palmtop adalah jenis komputer yang memiliki bentuk yang kecil dan dapat digenggam. Jenis komputer ini sudah jarang dipakai sejak ditemukannya Smartphone.
  3. Komputer Desktop
    Komputer desktop adalah komputer yang terletak di atas meja. Komputer desktop mempunyai CPU yang terpisah dari keyboard dan monitor.
  4. Komputer Notebook
    Merupakan jenis laptop yang memiliki ukuran yang lebih tipis. Pada umumnya notebook digunakan oleh pengajar, peneliti, dan pelajar yang membutuhkan komputer yang ringkas dan juga ringan.
  5. Komputer Tower
    Komputer tower merupakan komputer yang memliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan komputer desktop dan pada umumnya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer tower dapat ditambahkan berbagai macam perangkat pendukung karena mempunyai expansionslot.
  6. Komputer Laptop
    Merupakan jenis-jenis komputer yang dapat untuk diletakkan di pangkuan pengguna. Laptop mempunyai CPU, keyboard, dan monitor yang menyatu serta dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana.
  7. Handbook (Sub-notebook)
    Salah satu jenis-jenis komputer yang ukurannya kecil adalah handbook. Handbook mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan notebook. Biasanya handbook mempunyai processor dengan spesifikasi rendah.
Itulah artikel mengenai pengertian komputer, fungsi komputer, komponen komputer, dan jenis-jenis komputer.

Posting Komentar