15 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat vitamin A banyak sekali, diantaranya dapat meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, dan sebagainya. Tubuh yang sehat membutuhkan berbagai asupan nutrisi. Sejak kecil, kita sering mendengae nasihat dari orangtua atau guru kita yang tentang pentingnya gizi yang seimbang bagi kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, karbohidrat, vitamin, dan sebagainya.

Tubuh tidak dapat membuat vitamin sendiri dan perlu mendapatkan vitamin tersebut dari tempat lain. Vitamin merupakan senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan untuk tubuh, hal ini karena vitamin yang dapat membuat metabolisme menjadi teratur dan baik untuk masa pertumbuhan.

Vitamin terdiri dari berbagai jenis dan semuanya memiliki fungsi masing-masing. Sekarang kita akan membahas tentang vitamin A. Vitamin A ialah salah satu vitamin aktif yang dapat larut dalam lemak serta disimpan oleh tubuh di dalam hati.

Manfaat Vitamin A
Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwasannya vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, manfaat vitamin A bukan hanya itu saja, banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Vitamin A banyak terdapat di dalam berbagai jenis makanan yang kita konsumsi. Vitamin A dapat berasal dari hewani dan nabati. Berikut sumber vitamin A.

Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A Hewani

Daging serta berbagai jenis produk hewani memiliki banyak kandungan vitamin A di dalamnya yang berbentuk retinol yang apabila diproses tubuh membentuk asam retinoat. Berikut sumber vitamin A hewani.
1. Daging ayam
2. Daging bebek
3. Hati ayam
4. Hati sapi
5. Ginjal domba
6. Telur
7. Susu dan keju
8. Ikan (cakalang, tongkol, sarden, gabus)

Sumber Vitamin A Nabati

Makanan nabati seperti berasal dari tumbuhan mengandung vitamin A yang terkandung adalah karotenaid. Apabila memilih sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, maka pilihlah sayuran yang berwarna jingga, hal ini karena sayuran yang berwarna jingga mengandung betakaroten yang merupakan bentuk dari vitamin A. Wortel ialah sumber vitamin A nabati yang paling umum sudah dikenal masyarakat luas. Namun, wortel bukanlah satu-satunya dari sumber vitamin A nabati. Sayuran yang mengandung sumber vitamin A nabati antara lain :
1. Wortel
2. Cabai merah
3. Bayam
4. Kacang panjang
5. Kangkung
6. Sawi
7. Tomat
8. Brokoli
9. Paprika

Buah-Buahan Sumber Vitamin A

Sumber vitamin A nabati bukan hanya sayuran saja, banyak berbagai macam buah yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Seperti halnya pada sayuran, buah-buahan yang mempunyai warna jingga memiliki kandungan vitamin A yang melimpah. Berikut buah-buahan sumber vitamin A.
1. Buah naga
2. Apel
3. Mangga
4. Anggur
5. Pepaya
6. Pisang
7. Jambu Biji
8. Melon
9. Semangka
10. Belimbing
11. Blewah

Daftar di atas merupakan sebagian besar vitamin A yang banyak ditemui. Selain dari daftar diatas, banyak juga makanan-makanan lainnya yang banyak mengandung vitamin A. Contohnya seperti umbi-umbian seperti ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin A melimpah. Bahan-bahan makanan tersebut dapat untuk diolah lebih lanjut guna menjadi berbagai jenis makanan yang bervariasi dan lezat sehingga cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang tidak begitu suka dengan sayur dan buah-buahan. Tetapi, pada saat mengolah apabila salah memasak bahan-bahan makanan tersebut, dapat mengakibatkan kandungan vitamin A menjadi semakin menurun dan justru hilang sama sekali. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kandungan vitamin A adalah dengan menjaga makanan tersebut tetap dalam keadaan segar. Salah satu cara lainnya adalah dengan menghindari memasak sayuran dengan terlalu lama. Berikut manfaat vitamin A

Manfaat Vitamin A

  1. Menjaga Kesehatan Mata
  2. Salah satu manfaat vitamin A yang utama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A merupakan salah satu zat gizi yang sangat penting dan memiliki peran dalam proses melindungi serta meningkatkan kesehatan mata.
  3. Mengoptimalkan Perkembangan janin
  4. Kita juga mengetahui bahwa vitamin A merupakan vitamin yang mampu untuk larut dalam lemak dan air. Oleh sebab itu, dengan mencukupi kebutuhan vitamin A dapat membantu dalam tumbuh kembang si janin. Vitamin A dapat membantu dalam perkembangan mata, tulang, serta kesehatan kulit janin.
  5. Antioksidan
  6. Salah satu bentuk vitamin A yang terkenal adalah Beta Karoten. Beta Karoten adalah senyawa yang memiliki aktifitas antioksidan yang dapat menangkal dari serangan radikal bebas. Baik itu suatu radikal bebas yang berasal dari polusi ataupun oksidasi tubuh.
  7. Mengatasi Jerawat
  8. Sebagian besar dari kita banyak yang terkena jerawat. Wortel segar, aprikot, dan apel dapat mengatasi jerawat. Vitamin A dapat membantu dalam mengatasi masalah jerawat, terlebih terhadap orang yang mengalami masalah jerawat yang parah. Vitamin A dapat mengurangi produksi sebum berlebih di kulit.
  9. Mengatasi Keriput
  10. Vitamin A mengandung sejumlah besar beta karoten dan retinol, antioksidan kuat, yang dikenal dapat melawan radikal bebas di kulit. Sehingga asupan vitamin A yang mencukupi dapat mengurangi munculnya garis-garis halus, bintik-bintik gelap dan pigmentasi.
  11. Mengurangi Stretch Marks
  12. Vitamin A dapat membantu dalam regenerasi sel-sel kulit baru dengan cara mengganti sel-sel mati. Sel-sel baru mengarah pada pembentukan kulit yang sehat dan mulus, yang pada akhirnya akan mengurangi stretch mark.
  13. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala
  14. Vitamin A dapat menjaga produksi sebum yang seimbang di kulit kepala, sehingga dapat mencegah kulit kepala dan rambut menjadi kering. Antioksidan dalam vitamin A mengatur sekresi minyak dan dengan demikian menyebabkan kulit kepala menjadi lebih sehat.
  15. Mencegah Rambut Rusak
  16. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin A sehingga dapat mencegah pembentukan radikal bebas, dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut. Hal ini dapat membantu dalam memulihkan rambut yang bersinar secara alami.
  17. Mengurangi Ketombe
  18. Vitamin A dapat membantu dalam mengatur produksi sebum di kulit kepala, dengan demikian dapat mengurangi pembentukan ketombe. Dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, hati, keju dapat mengurangi ketombe.
  19. Melawan Infeksi
  20. Vitamin A dapat membantu dalam pertumbuhan sel-sel darah putiht yang membantu melawan infeksi dalam tubuh.
  21. Menyehatkan Tulang
  22. Vitamin A dapat menyehatkan tulang, Vitamin A yang terdapat dalam tubuh kemudian diubah menjadi asam retinoat yang diserap oleh tulang.
  23. Memperkuat Gigi
  24. Gigi kita terdiri dari zat keras yang disebut dentin yang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kekuatan dan kekerasan alaminya.
  25. Membantu Pertumbuhan Regenerasi Sel
  26. Vitamin A membantu dalam pertumbuhan sel-sel baru dan jaringan dengan mengganti yang lama.
  27. Mencegah Kanker
  28. Manfaat yang paling penting dari vitamin A adalah membantu dalam mencegah kanker. Asupan vitamin A yang mencukupi dapat menghambat produksi DNA yang terdapat dalam sel-sel kanker.
  29. Penyembuhan Luka
  30. Vitamin A dapat meningkatkan dalam proses penyembuhan luka, bekas luka, luka bakar, dan sebagainya. Hal ini karena vitamin A membantu dalam regenerasi sel-sel baru dan sehat. Sebagian besar salep yang beredar sekarang kaya akan vitamin A.

Kekurangan Vitamin A


Apa yang terjadi apabila kekurangan vitamin A? Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada kornea mata. Menurut WHO, kekurangan vitamin A merupakan salah satu faktor sangat berpengaruh terhadap angka kematian bayi. Bayi yang lahir dan dengan memiliki berat badan yang rendah merupakan tanda bahwa bayi tersebut defisiensi (kekurangan) vitamin A.

Anak-anak yang tidak mendapatkan asupan vitamin A yang mencukupi dapat dengan mudah terserang infeksi, sehingga suatu penyakit yang sebenarnya dapat disembuhkan berbalik menjadi sebuah penyakit yang mematikan. Tidak hanya menyerang pada anak-anak, orang dewasa pun yang tidak mendapatkan asupan vitamin A yang cukup dapat mengalami masalah pada penglihatan mata, berbagai jenis penyakit kulit, gangguan sistem pencernaan, dan menghambat proses pertumbuhan.

Meskipun kekurangan vitamin A merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, asupan vitamin A yang berlebihan pun juga bukan hal yang baik untuk tubuh. Untuk orang dewasa, batasannya sekitar 3000 Mikrogram setiap harinya. Gangguan pada organ hati merupakan salah satunya, karena di organ hati cadangan vitamin A disimpan.

Tidak nafsu makan, mual, pusing, menstruasi berhenti merupakan sebagian dari berbagai gejala kelebihan vitamin A. Apabila sudah parah, vitamin A yang berlebihan dapat memicu kerusakan hati, kanker, osteoporosis, dan sakit ginjal. Pastikanlah untuk mendapatkan asupan vitamin A yang seimbang, jangan berlebihan dan juga jangan sampai kekurangan. Itulah sumber vitamin A, manfaat vitamin A, dan yang terjadi apabila kekurangan vitamin A.

Poskan Komentar